Jakarta (ANTARA) - PP Perbasi tengah membentuk skuad Timnas Basket Indonesia untuk mengikuti kejuaraan ASEAN School Games 2024 yang akan berlangsung di Vietnam pada 31 Mei sampai dengan 9 Juni mendatang.

PP Perbasi mengirim 12 pemain ke ajang ini dengan dipimpin pelatih Rifki Antolyon bersama Tim Manajer Alfa Hari Kusumanegara. 12 pemain yang dipanggil mengikuti latihan dalam training camp (TC) ini adalah mayoritas pemain yang ikut seleksi Timnas Basket U-18 Putra untuk SEABA U-18 di Malaysia.

“Kami sudah memantau lama pemain-pemain ini. Salah satunya adalah saat pemain dipanggil untuk seleksi timnas yang diproyeksikan ke SEABA U-18 di Malaysia Juni nanti. Dari sana kami menentukan komposisi pemain yang akan bawa nama Indonesia di ASEAN School Games 2024 Vietnam,” kata Rifki dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Timnas U-18 Putri akan jalani uji coba sebelum berkompetisi di SEABA

Rifki mengaku harus memaksimalkan waktu yang ada untuk membentuk tim yang solid. Terutama agar para pemain menyerap strategi yang disiapkan tim pelatih dengan baik. Rencananya, skuad timnas tersebut akan melakoni laga uji coba sebelum bertolak ke Vietnam.

“Sebelum tim berangkat pada 29 Mei 2024, kami berharap bisa melakukan laga uji coba tiga kali. Kami mohon doa restu dari masyarakat Indonesia agar persiapan berlangsung lancar dan mendapatkan hasil maksimal di Vietnam nanti,” jelas Rifki.

Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi berharap para pemain dan pelatih bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk memperkuat permainan, sehingga terbentuk tim yang siap bersaing di Vietnam nanti.

“Jangan biarkan begitu saja berlalu kesempatan ini tanpa ada kesan yang berarti selama menjadi bagian dari Timnas Basket di ASG tahun ini. Terus berlatih dan berjuanglah untuk meraih prestasi tertinggi di Vietnam nanti dan bikin bangga Indonesia,” kata Nirmala.

Beberapa pemain yang akan memperkuat Timnas Indonesia untuk ajang ASEAN School Games 2024 ini antara lain Adante Daud Alghifari, Cliffton Wijaya, Halmaheranno Aprianto, dan I Ketut Gede Bayu. Kemudian ada Justin Patrick Alex, Khairan Putra Deas, dan Jeremy Abner Aritonang.

Untuk menghadapi ASEAN School Games 2024 di Da Nang Vietnam, mereka akan memulai latihan pada 20 Mei 2024. GOR Ragunan dipilih sebagai tempat untuk TC hingga pemberangkatan ke Vietnam.

Baca juga: Ketum Perbasi imbau orang tua tidak asal pilih klub basket untuk anak

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024