Jakarta (ANTARA) - Pakar ilmu politik Universitas Padjadjaran Caroline Paskarina mengapresiasi masuknya nama Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Barat Desy Ratnasari dalam bursa Pilgub Jabar.

Ia menjelaskan dengan masuknya nama Desy dalam bursa tersebut, maka diharapkan aspirasi perempuan di Jabar dapat terwakili.

“Sebagai politisi perempuan, kehadiran Desy Ratnasari diharapkan dapat mewakili aspirasi perempuan; termasuk menyuarakan dan memperjuangkan isu-isu pendidikan, trafficking (perdagangan orang), kemiskinan, stunting, dan lain-lain yang erat terkait dengan perempuan di Jabar,” kata Caroline saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Jumat.

Baca juga: Tokoh marinir ramaikan bursa kandidat cagub Jabar

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa sosok Desy yang memiliki rekam jejak sebagai legislator DPR RI dinilai dapat menjadi modal dalam Pilgub Jabar.

“Dengan pengalaman sebagai Anggota DPR RI sejak 2014, Desy sudah mengetahui dan memahami peta politik di Jabar, sehingga ini jadi modal berharga dalam kandidasi maupun kontestasi Pilgub Jabar,” ujarnya.

Baca juga: Pakar sebut PAN masih hitung peluang Bima Arya maju di Pilgub Jabar

Walaupun demikian, ia menyebut terdapat banyak faktor yang dapat memengaruhi peluang Desy untuk berkontestasi dalam Pilgub Jabar.

“Peluangnya ditentukan oleh banyak faktor; seperti popularitas, efektivitas kerja tim sukses dan tim pemenangan atau koalisi partai politik, sehingga bisa memobilisasi suara, terutama dari kalangan pemilih perempuan, pemilih muda atau kelompok pemilih yang menjadi sasaran utama dari tim sukses Desy,” katanya.

Baca juga: Gerindra lirik Dedi Mulyadi maju Pilkada Jabar

Sebelumnya, H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M. atau yang dikenal dengan sebutan Zulhas, wirausahawan dan politisi PAN yang menjabat Menteri Perdagangan,  saat ditemui usai Workshop dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PAN Pemenangan Pilkada 2024 di Jakarta, Kamis (9/5) malam, mengatakan bahwa Desy menjadi salah satu kader yang disiapkan di Pilgub Jabar.

“Jawa Barat itu ada Teh Desy, ada Bima Arya (mantan Wali Kota Bogor),” katanya.

Baca juga: Ridwan Kamil bidik peluang di Pilkada Jabar atau DKI Jakarta

Zulhas juga kembali menyebut nama Desy usai menghadiri hari kedua Workshop dan Rakornas PAN tersebut, Jumat.

“Jawa Barat selain RK (mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil) kan ada Bima Arya, ada Desy dari kami, dari partai lain silakan, kan nanti koalisi juga,” ujarnya.

Baca juga: Ketua DPW PKB Jabar tegaskan siap maju di Pilgub Jawa Barat 2024
Baca juga: Wagub Jabar Uu siap jika diduetkan dengan Desy Ratnasari
​​​​​​​
Baca juga: Desy Ratnasari siap ikut Pilkada Jabar jika ditugaskan partai

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024