Hulu Sungai Utara, Kalsel (ANTARA) - Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) Ke-120 Kodim Hulu Sungai Utara/Balangan (HSU-BLG), Kalimantan Selatan (Kalsel), membangun sumur bor dan empat titik aliran PDAM di wilayah kekeringan air bersih di Desa Sungai Karias, Kecamatan Amuntai Tengah.

“Pembangunan sumur bor dan PDAM ini sangat penting bagi warga Desa Sungai Karias karena selama ini mereka kesulitan mendapatkan air bersih yang layak konsumsi,” kata Komandan Kodim 1001/HSU-BLG Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan di Hulu Sungai Utara, Jumat.

Dia menyebutkan saat ini Satgas TMMD Ke-120 masih melaksanakan berbagai tahapan dengan harapan progres berjalan dengan lancar serta tidak ada kendala yang menghambat agar masyarakat sekitar dapat segera menggunakan fasilitas air bersih tersebut.

Baca juga: Kodim Nunukan bangun jalan di desa perbatasan melalui program TMMD

“Ini adalah upaya untuk membantu dan mengatasi kesulitan yang dialami masyarakat desa, sebagaimana tujuan dari dilaksanakannya TMMD ini, yakni meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ujar Letkol Gunantyo.

Ia berharap bantuan yang diberikan kepada warga Desa Sungai Karias dapat bermanfaat serta memberikan dampak kesehatan agar tidak sepenuhnya bergantung pada air sungai untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Kodim Wondama: Pembangunan tiga rumah rampung sebelum TMMD berakhir

Salah satu warga Desa Sungai Karias Andi mengatakan selama ini warga desa sangat kesulitan mendapatkan air bersih, bahkan untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari selama ini warga hanya bisa memanfaatkan air sungai yang terbilang cukup keruh warnanya dan tidak terlalu mengetahui tentang kesehatan air.

Dia menyampaikan bahwa warga Desa Sungai Karias berterima kasih karena pada TMMD Ke-120 ini pembangunan sumur bor tersebut sangat berarti bagi warga setempat karena akan lebih mudah mendapatkan air bersih.

Baca juga: Bupati Bangli membuka TMMD 2024 di Desa Susut

“Selama ini kami hanya bisa manfaatkan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi dan mencuci, dengan adanya sumur bor ini tentunya akan berdampak positif terhadap kehidupan warga di Desa Sungai Karias,” tutur Andi.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024