Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berhasil meloloskan 11 proposal pendanaan program wirausaha Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bertajuk Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) tahun 2024.

"Alhamdulillah kita bersyukur ULM menjadi salah satu universitas yang berhasil meloloskan proposal di setiap kategori," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat.

Baca juga: ULM raih peringkat satu nasional penyerapan anggaran

Adapun 11 proposal tersebut terdiri atas dua proposal kategori jasa, pariwisata, dan perdagangan, dua porposal kategori makanan dan minuman, dua proposal kategori manufaktur dan teknologi terapan, tiga proposal kategori budidaya, dan dua proposal kategori industri kreatif, seni, budaya, dan pariwisata.

P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan usaha kepada mahasiswa.

Baca juga: Prestasi mahasiswa ULM di Program MSIB capai tingkat nasional

Terdapat enam kategori usaha dalam P2MW yakni kategori jasa, pariwisata, dan perdagangan, kategori makanan dan minuman, kategori manufaktur dan teknologi terapan, kategori budidaya, kategori industri kreatif, seni, budaya, dan kategori pariwisata.

Alim mengatakan mahasiswa peserta P2MW berkesempatan untuk mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berwirausaha di perguruan tinggi.

Program ini sangat penting bagi perguruan tinggi dan mahasiswa dalam mencetak mahasiswa wirausaha serta membentuk ekosistem kewirausahaan di perguruan tinggi.

Baca juga: ULM terpilih laksanakan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2024

"Selamat dan sukses bagi mahasiswa yang lolos pendanaan P2MW, semoga bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi teman-teman mahasiswa lainnya," kata dia.

Pewarta: Firman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024