Makassar (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan menggelar apel siaga dalam rangka memantapkan persiapan operasional penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 H/2024 Masehi.    

Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Muhammad Tonang di Makassar, Jumat, dalam arahannya mengungkapkan persiapan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar untuk menerima dan memberangkatkan jamaah haji telah mencapai 99 persen.  

"Atas nama PPIH, sampai hari ini persiapan kita untuk menjemput jamaah, kita nyatakan 99 persen telah siap, termasuk kelengkapan dokumen seperti visa sudah 99 persen,” ujarnya.

Ia mengatakan persiapan PPIH dari segi sarana prasarana, pihak UPT Asrama Haji telah melakukan persiapan sebaik mungkin, termasuk melakukan inovasi-inovasi, seperti menyiapkan bus shalawat untuk melayani jamaah selama dikarantina.

Selain itu, Kakanwil juga menyampaikan jika tahun ini tagline yang diusung masih seperti tahun sebelumnya, yaitu haji ramah lansia.

Oleh karena itu, Tonang mengimbau agar seluruh unsur yang terlibat dalam PPIH Embarkasi Makassar memberi pelayanan terbaik kepada jamaah lansia dan meniatkan itu sebagai ibadah.

“Jamaah haji lansia kita setiap kloter itu ada 30 persen. Layanan one stop services dan fast track tentu akan sangat membantu. Jika sebelumnya memakan waktu dua setengah sampai tiga jam, sekarang kita upayakan kurang dari dua jam seluruh layanan selesai, tentu dengan memprioritaskan jemaah lansia,” katanya.

Pada kesempatan itu, Tonang juga mengungkapkan adanya penambahan kuota haji untuk Sulawesi Selatan dari kuota normal 7.272 calon haji menjadi 7.884 calon haji

Ia menyebut penambahan kuota haji itu berasal dari tambahan kuota 468 calon haji, optimalisasi kuota 64 dan selisih mutasi sebanyak 80 calon haji.

Adapun total keseluruhan jamaah yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Makassar dari 8 provinsi sebanyak 16.669, dengan rincian 16.343, Petugas Haji Daerah (PHD) 121 orang dan PPIH Kloter 205 petugas. 

Berdasarkan jadwal terbaru yang dirilis oleh Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulsel, kloter pertama akan diberangkatkan pada Minggu 12 Mei 2024 pukul 16.30 WITA menggunakan maskapai GIA1101 dengan jumlah calon haji sebanyak 442 orang asal Kota Makassar didampingi 8 petugas kloter.

Baca juga: Kemenag prioritaskan jamaah haji ramah lansia musim haji tahun 2024
Baca juga: Bimtek petugas kloter dorong peningkatan kualitas layanan haji 
Baca juga: Kemenag Kalteng gelar fogging antisipasi penyebaran DBD di asrama haji









 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024