Situbondo (ANTARA) - Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Kepolisian Situbondo, Jawa Timur melakukan patroli pengamanan laut sebagai langkah antisipasi mendukung pelaksanaan Forum Air Dunia atau World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 yang akan digelar di Bali pada 17-26 Mei 2024.

Kasat Polairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa mengatakan bahwa pihaknya meningkatkan giat patroli di perairan laut perbatasan Situbondo-Banyuwangi-Bali guna mendukung kelancaran pelaksanaan Forum Air Dunia di Bali.

"Polres Situbondo wilayahnya meliputi jalur pantai utara berbatasan dengan Banyuwangi dan Bali, Jadi kami berpatroli di perairan wilayah perbatasan maupun di pelabuhan tradisional atau pelabuhan rakyat," ujar AKP Gede Sukarmadiyasa kepada wartawan di Situbondo, Jawa Timur, Jumat.

Dia menyampaikan kegiatan patroli laut dilaksanakan di wilayah perairan laut Kecamatan Jangkar sampai dengan perairan perbatasan Situbondo-Banyuwangi untuk mengawasi perlintasan kapal di kawasan tersebut.

"Kami juga memberikan pembinaan kepada masyarakat nelayan lokal untuk tidak menangkap ikan di perairan wilayah Pulau Bali," kata AKP Gede.

Dia juga menyarankan kepada para nelayan lokal untuk menggunakan alat penangkap ikan ramah lingkungan guna menciptakan suasana kondusif menjelang pelaksanaan Forum Air Dunia ke-10 dalam hal ini Provinsi Bali menjadi tuan rumah.

AKP Gede menambahkan, pada hari ini patroli mendukung pengamanan pelaksanaan Forum Air Dunia, di perairan laut di perbatasan Banyuwangi dan Bali dipimpin Kanit Patroli Satpolairud Polres Situbondo Bripka Farhan Hariz dengan menggunakan Kapal Polisi dan tiga anak buah kapal (ABK).

"Semoga menjelang hingga selesainya pelaksanaan Forum Air Dunia atau WWF ke-10 situasi aman terkendali dan tidak ada gangguan kriminalitas sehingga event internasional tersebut berlangsung aman dan lancar," ujar dia.
Baca juga: TN Baluran-Polres Situbondo kolaborasi patroli kawasan konservasi
Baca juga: Delegasi asing akan nikmati budaya Indonesia di World Water Forum Bali
Baca juga: ITDC ungkap 10 hotel jadi tempat menginap VVIP World Water Forum 
Baca juga: Bali siap selenggarakan World Water Forum Ke-10

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024