RunPod, penyedia komputasi awan pertama untuk aplikasi AI, menarik pengembang dari seluruh industri dan mempercepat pertumbuhan platform

Mt. Laurel, N.J.--(ANTARA/Business Wire)—RunPod adalah launchpad yang memungkinkan pengembang untuk menggunakan aplikasi AI full-stack khusus. Hari ini RunPod mengumumkan telah mengumpulkan pendanaan tahap awal sebesar $20 juta yang dipimpin oleh Intel Capital bersama Dell Technologies Capital dan partisipasi dari Julien Chaummond, Nat Friedman, dan Adam Lewis. Bersamaan dengan pendanaan ini, Mark Rostick, Wakil Presiden dan Senior Managing Director Intel Capital, akan bergabung di dewan direksi RunPod.

RunPod adalah layanan komputasi awan GPU yang didistribusikan di seluruh dunia untuk pelatihan, penggunaan, dan peningkatan model AI. Dengan menggunakan dua produk inti Runpod, yaitu Cloud GPU dan Serverless, pengembang dapat melakukan spin up pada GPU Instances sesuai permintaan, hanya dengan beberapa klik dan membuat endpoint Auto Scaling API untuk inferensi scaling pada model AI yang diproduksi.

"Kemampuan untuk membuat dan menggunakan aplikasi AI yang dapat ditingkatkan akan penting sekali untuk penggunaan dan pemanfaatannya," kata Amjad Masad, investor RunPod. “Tim RunPod jelas memprioritaskan pengalaman pengembang untuk menciptakan solusi yang bagus sekali agar setiap orang dapat cepat mengembangkan aplikasi atau integrasi AI khusus sekaligus mempersiapkan perusahaan untuk benar-benar memenuhi janji AI.”

RunPod mempermudah pengembang untuk menjalankan segala beban kerja GPU dengan tanpa kendala sehingga mereka lebih berfokus untuk membuat aplikasi dibandingkan pada pengoperasian Machine Learning. Kemampuan ini terbukti bermanfaat bagi pengembang dan mempercepat ekspansi RunPod sehingga pendapatannya meningkat 10 kali lipat dari tahun sebelumnya.

“RunPod dimulai sebagai taman bermain bagi pengembang dan inovator, di mana mereka melakukan penelitian, mengembangkan dan menyempurnakan proyek mereka. Kini RunPod memiliki komunitas dengan lebih dari 100 ribu pengembang,” kata Zhen Lu, salah satu pendiri dan CEO RunPod. "Kami cepat sekali bertumbuh karena RunPod memiliki keseimbangan yang sempurna antara membebaskan pengembang untuk meluncurkan apa pun yang mereka inginkan dan tetap memiliki infrastruktur maupun alat yang diperlukan untuk membantu dalam penyesuaian, pengembangan, dan penggunaan produk yang berbeda."

Munculnya beban kerja khusus AI telah meningkatkan permintaan komputasi. Dulunya merupakan solusi yang dicari, kini platform infrastruktur komputasi awan asli tidak lagi hemat biaya atau cukup cepat untuk menciptakan produk yang disesuaikan dan berbeda. Dengan RunPod, pengembang dapat mengembangkan, melatih, meningkatkan, dan meluncurkan aplikasi atau integrasi AI full-stack khusus di komputasi awan dengan andal dan mudah di seluruh dunia.

"Basis pelanggan dan pendapatan RunPod bertumbuh pesat karena menawarkan platform yang luas, cepat, dan mudah digunakan yang memenuhi kebutuhan pengembang dan aplikasi berbasis model milik mereka," kata Mark Rostick, Wakil Presiden dan Senior Managing Partner di Intel Capital. "Saya telah menyaksikan skala momentum RunPod. Dimulai dari perusahaan rintisan kecil-kecilan yang menawarkan ekosistem bagi setiap pengembang untuk memulai penelitian dan penciptaan, hingga menjadi penawaran tanpa server yang memungkinkan pelanggan perusahaan untuk meningkatkan produk dan solusi tingkat tinggi yang disesuaikan."

Karena pertumbuhan yang cepat dan penggunaan pengembang, tim RunPod ditingkatkan hampir 10 kali dalam setahun terakhir, sehingga menjadi pemimpin yang memelopori transformasi bertenaga GPU AI. Platform ini baru saja meluncurkan kemampuan menggunakan CPU compute instances. Ini merupakan pencapaian penting dalam menciptakan solusi komputasi awan yang menyeluruh. Pendanaan tahal awal ini akan memungkinkan RunPod meningkatkan kehidupan keseharian pengembang, membentuk kemitraan baru dan integrasi untuk menghadirkan pengalaman tanpa kendala kepada pengguna, dan menawarkan dasar yang sempurna bagi pelanggan baru maupun lama untuk mengembangkan model-model AI khusus.

“Karena perusahaan semakin banyak menggunakan aplikasi AI dalam produksi, kunci keberhasilan mereka adalah memiliki infrastruktur yang cepat, andal, dan dapat ditingkatkan. Inilah yang telah dibangun oleh Zhen, Pardeep, dan tim di platform RunPod,” kata Radhika Malik, Mitra di Dell Technologies Capital. “Mereka berkomitmen untuk selalu berpusat pada pengalaman pengembang dalam semua yang mereka kerjakan. Hasilnya, masyarakat menyambut dengan positif dan jumlah pengguna terus meningkat dengan luar biasa."

Tentang RunPod:

RunPod adalah platform komputasi awan GPU yang didistribusikan di seluruh dunia dan memungkinkan pengembang untuk menggunakan aplikasi AI full-stack khusus - dengan mudah, di seluruh dunia, dan dapat ditingkatkan. Berkat penawaran utama dari RunPod, yaitu GPU Instances dan Serverless GPU, pengembang dapat menciptakan, melatih dan meningkatkan penggunaan AI di satu komputasi awan hanya dalam beberapa detik. RunPod berkomitmen untuk menjadikan komputasi awan mudah didapatkan dan terjangkau tanpa mengorbankan fitur, kegunaan, atau pengalaman. RunPod berupaya mendukung perorangan dan perusahaan dengan teknologi mutakhir agar mereka dapat memanfaatkan potensi AI dan komputasi awan. Untuk informasi lebih jauh tentang RunPod, kunjungi https://www.runpod.io/

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak

Media
Chris Love

Sumber: RunPod

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024