Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Mercu Buana (UMB) menyatakan mahasiswa di Indonesia harus menjunjung tinggi sikap integritas, etika dan empati dalam kepemimpinan agar dapat bersaing dalam dunia kerja.

“Mahasiswa didorong untuk tidak hanya merangkul ide-ide baru, tetapi juga untuk berani menantang status quo dalam mengejar cita-cita mereka, apakah setelah lulus nanti melanjutkan studi, memasuki dunia kerja atau bahkan memulai usaha sendiri,” kata Prof. Dr. Andi Adriansyah, M. Eng., dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat.

Pada acara Wisuda Diploma LVI, Sarjana LX, Magister XLVII, & Doktor VII Tahun Akademik 2023/2024, yang digelar Rabu (8/5) di Tangerang Selatan, Banten, Andi mengatakan ketiga sikap tersebut merupakan pilar penting bagi seorang pemimpin karena mereka membentuk landasan moral dan sosial yang kuat dalam pengambilan keputusan dan interaksi dengan orang lain.

Baca juga: LAM beri prodi teknik sipil dan elektro UMB akreditasi unggul

Baca juga: Universitas Mercu Buana gelar Social Volunteering di Rangkasbitung


Kepada seluruh lulusan universitasnya, ia mengingatkan agar mereka bukan hanya menjadi duta dari institusi tetapi juga agen perubahan di masyarakat.

Meski pembelajaran amat penting bagi mahasiswa, menurutnya pembelajaran tidak hanya berkutat pada pengetahuan saja tetapi juga tentang pengembangan nilai-nilai yang mendalam.

“Saudara didorong untuk menggunakan pendidikan dan keahlian yang dimiliki guna mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim, kesenjangan sosial, dan disrupsi teknologi,” ucap Andi.

Selanjutnya melalui pidatonya yang bertemakan “Menciptakan Generasi Pemimpin: Pendidikan Berkualitas untuk Industri dan Inovasi yang Berkelanjutan”, profesor peneliti Robot Humanoid itu turut menyoroti pentingnya inovasi dan adaptasi dalam menghadapi perubahan cepat dalam dunia saat ini.

Dalam acara tersebut UMB mewisuda 2.309 mahasiswa yang terdiri dari berbagai jenjang program studi yang terbagi dalam dua sesi pagi dan siang.

Acara tersebut dihadiri oleh para Anggota Senat universitas dan tamu undangan lainnya; Taufan Setyo Pranggono, S.Kom., M.Si, Ketua Tim Anti Dosa Pendidikan dan Integritas Akademik dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, dan Prof. Dr. Didik J. Rachbini, Rektor Universitas Paramadina, yang juga mantan Direktor Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana.

Diumumkan pula mahasiswa yang paling berhasil diterima dalam program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024, yaitu Willyn Angeline dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi D3 Manajemen yang diterima di Prince of Songkla University, Thailand, Dinda Fatimah K dari Fakultas Ilmu Komputer, program studi Teknik Informatika International Class Strata-1 yang lolos masuk University of Siena, Italia dan Dhani Amanda Putra dari Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Teknik Informatika International Class Strata-1 yang masuk ke University of Padua, Italia.

Baca juga: Jurnal Sinergi Universitas Mercu Buana dapat pengakuan internasional

Baca juga: Rektor: Kearifan lokal identitas penting bagi pergaulan global

Baca juga: Universitas Mercu Buana buka akses listrik bagi masyarakat di NTT

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024