Bantuan ini disalurkan melalui Pemkab OKU untuk dibagikan kepada masyarakat korban banjir yang membutuhkan
Baturaja (ANTARA) - PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menyalurkan bantuan sosial untuk korban banjir di wilayah itu guna meringankan beban masyarakat setelah dilanda bencana alam itu  pada Selasa (7/5).

Direktur Utama PT BPR Baturaja (Perseroda), Januar Hertanto di Baturaja, Jumat, mengatakan bahwa bantuan tersebut merupakan bentuk komitmen tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) perusahaan BUMD terhadap masyarakat yang mengalami bencana alam.

Baca juga: Disdik OKU terapkan belajar di rumah bagi sekolah terdampak banjir

"Kita ketahui bersama banjir akibat luapan Sungai Ogan beberapa hari lalu merendam ribuan rumah warga OKU sehingga perlu mendapat uluran tangan dari pemerintah," katanya.

Sebagai bentuk kepedulian pihaknya menyalurkan bantuan sembako menggunakan dana corporate social responsibility (CSR) tahun 2023 guna sedikit meringankan beban masyarakat yang dilanda bencana banjir.

"Bantuan ini disalurkan melalui Pemkab OKU untuk dibagikan kepada masyarakat korban banjir yang membutuhkan," ujarnya.

Sementara, Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah mengapresiasi kepada pihak BUMN dan BUMD yang telah peduli terhadap korban banjir di wilayahnya.

"Sebelumnya, PT Semen Baturaja dan Pertamina Patra Niaga bersama Hiswana Migas juga memberikan bantuan yang sama untuk mengurangi beban korban banjir di OKU," ujarnya.

Baca juga: Rumah Dinas Bupati OKU dijadikan dapur umum untuk korban banjir

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU tercatat sebanyak 1.695 unit rumah warga yang tersebar di beberapa desa di wilayah itu terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter.

Meskipun tidak ada korban jiwa, namun banjir juga merusak sejumlah fasilitas umum seperti sekolah dan tiga unit jembatan gantung putus diterjang derasnya arus Sungai Ogan.

Adapun wilayah terdampak banjir yaitu sejumlah kawasan di Kecamatan Baturaja Barat meliputi Kelurahan Tanjung Agung, Talang Jawa, Air Gading, Desa Tanjung Karang, Kelurahan Batu Kuning, Desa Laya, Karang Endah, Batu Putih, Pusar, dan Kelurahan Saung Naga.

Selain itu, di Kecamatan Baturaja Timur seperti Kelurahan Sekarjaya, Baturaja Permai, Baturaja Lama, Kemala Raja, Kelurahan Sukaraya, Desa Air Paoh dan beberapa desa lainnya di Kecamatan Lubuk Batang serta Peninjauan pun tak luput dari kepungan banjir.

Baca juga: Polres OKU terjunkan polwan bantu dapur umum untuk korban banjir

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024