Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita humaniora menarik yang terjadi pada Kamis (9/5) dan dapat dibaca kembali pada hari ini, mulai dari harapan Presiden soal Hari Kenaikan Yesus Kristus menjadi inspirasi nilai kasih hingga Naskah Tambo Tuanku Imam Bonjol terpilih sebagai Memory of The World.

Berita selengkapnya dapat dibaca melalui tautan berikut:

1. Presiden harap Hari Kenaikan Yesus Kristus jadi inspirasi nilai kasih

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap peringatan Hari Kenaikan Yesus Kristus dapat menjadi inspirasi tentang nilai-nilai kasih terhadap sesama.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam unggahan media sosial X @jokowi yang bertepatan dengan Hari Kenaikan Yesus Kristus.

"Semoga peristiwa suci ini menjadi inspirasi tentang nilai-nilai kasih kepada sesama," tulis Presiden Jokowi.

2. Tokoh agama ajak jaga toleransi di momen Kenaikan Yesus Kristus

Tokoh agama Romo Yohanes Deodatus mengajak masyarakat Indonesia, terutama umat Kristiani untuk bersama-sama menjaga toleransi, sejalan dengan perayaan Kenaikan Yesus Kristus.

"Mari kita menjaga toleransi kebersamaan itu dan kita mengusahakan kasih, mengusahakan pelayanan yang baik di tengah masyarakat itu bersama-sama, bekerja sama," kata Romo Yohanes.

3. Kemendikbud minta pemda percepat pencairan tunjangan profesi guru

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta pemerintah daerah (pemda) untuk mempercepat proses pencairan tunjangan profesi guru (TPG) demi mewujudkan kesejahteraan guru.

"Pemda harus menyalurkan dana TPG ke rekening guru sebelum batas waktu 14 hari kerja sejak dana TPG diterima di rekening kas umum daerah," kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nunuk Suryani.

4. Kemenag: 554 kloter calon haji reguler siap berangkat mulai 12 Mei

Proses visa calon jamaah haji reguler 1445 Hijriah/2024 asal Indonesia mendekati final karena kini sebanyak 554 kelompok terbang (kloter) sudah terbentuk dan tervisa sesuai dengan jumlah kuota jamaah haji Indonesia.

Tahun ini Indonesia mendapat 241.000 kuota terdiri atas 213.320 jamaah reguler dan 27.680 jamaah khusus.

"Sampai hari ini sebanyak 213.079 jamaah sudah terbit visanya," kata Direktur Layanan Haji dalam Negeri, Kementerian Agama (Kemenag) RI Saiful Mujab.

5. Naskah Tambo Tuanku Imam Bonjol terpilih sebagai Memory of The World

Naskah Tambo Tuanku Imam Bonjol ditetapkan sebagai salah satu ingatan dunia untuk Asia dan Pasifik atau Memory of the World (MoW) for Asia and the Pasific.

"Naskah Tambo Tuanku Imam Bonjol merupakan salah satu catatan autentik yang ditulis oleh pribumi tentang ringkasan sejarah Perang Paderi dan Sumatera Barat pada abad ke-19," kata Pustakawan ahli pertama Perpusnas Aditia Gunawan.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024