"Dekranasda Sulbar telah memfasilitasi kerjasama tersebut, sehingga pelaku kerajinan tangan dapat diberikan pelatihan mengenai pemasaran hasil kerajinan tangan secara online melalui website dan media sosial,"
Mamuju (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) berkomitmen membantu mengembangkan usaha kerajinan tangan masyarakat di Sulbar.

Sekertaris Dekranasda Provinsi Sulbar, Faisal Thamrin, di Mamuju, Minggu, mengatakan, Dekranasda Sulbar telah membantu pelaku usaha kerajinan tangan di Sulbar dalam memasarkan hasil usahanya.

Ia mengatakan, Dekranasda Sulbar dan Koperindag Sulbar serta Bank Perwakilan Sulbar telah bekerjasama memberikan pelatihan agar seluruh usaha kerajinan tangan di Sulbar dipasarkan secara online.

"Dekranasda Sulbar telah memfasilitasi kerjasama tersebut, sehingga pelaku kerajinan tangan dapat diberikan pelatihan mengenai pemasaran hasil kerajinan tangan secara online melalui website dan media sosial," katanya.

Menurut dia, dengan dipasarkan secara online maka usaha kerajinan tangan masyarakat Sulbar akan dikenal lebih luas, bukan hanya di Sulbar namun ke seluruh wilayah Indonesia bahkan keseluruh dunia.

"Dekranasda berkomitmen dan memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku kerajinan tangan di Sulbar, selain membantu pemasarannya agar dapat lebih berkembang, juga meningkatkan kualitas produknya," katanya.

Ia menyampaikan, Sulbar memiliki usaha kerajinan di bidang furniture dan kain tenung yang memiliki nilai jual tinggi ketika dipasarkan secara online dan akan meningkatkan pendapatan pelaku usaha kerajinan tangan.

"Sulbar memiliki kekayaan budaya seperti kain tenung 'Sekomandi' dan 'Sutera Mandar' yang menarik ketika dipasarkan, dan itulah yang akan berupaya diwujudkan bersama," katanya.





 

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024