Chengdu, China (ANTARA) - Formasi baru Indonesia Siti Fadia Silva Ramadhanti/Lanny Tria Mayasari memberikan perlawanan maksimal sebelum kalah pada pertandingan fase grup terakhir Piala Uber 2024 melawan Jepang di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, pada Rabu.

Fadia/Lanny takluk dalam rubber game ketat, 9-21, 22-20, 16-21 dalam tempo 72 menit, kepada ganda putri Nami Matsuyama/Chiharu Shida.

Pada gim pertama, Fadia/Lanny masih mencoba mencari pola permainan yang cocok dalam menghadapi pasangan peringkat empat dunia ini. 

Beberapa kali serangan-serangan yang berusaha dilancarkan oleh wakil Indonesia itu tidak membuahkan hasil yang diinginkan.

Gim pertama pun dengan mudah direbut oleh Matsuyama/Shida pada kedudukan 21-9.

"Tadi di gim pertama sempat kaget sama polanya. Walaupun aku sudah sering ketemu, tapi buat Lanny, ini pertama kali ketemu mereka," kata Fadia kepada wartawan usai pertandingan.

Gim kedua diawali dengan poin-poin dari reli-reli panjang. Di sini, Fadia/Lanny sudah mulai menemukan ritme dan lebih percaya diri dalam menyerang lawan.

Strategi itu membuahkan hasil sampai pasangan baru itu beberapa kali unggul hingga 10-4, sebelum memimpin 11-8 saat interval gim kedua.

Baca juga: Fadia dan Lanny dipasangkan sebagai ganda putri pertama hadapi Jepang

Selepas turun minum, Matsuyama/Shida memaksakan Fadia/Lanny untuk memainkan lagi reli-reli panjang yang menuntut ketahanan fisik yang kuat.

Taktik itu mengantarkan pasangan Jepang umenyamakan kedudukan 12-12, 17-17, 18-18, 19-19, sebelum Fadia/Lanny merebut matchpoint pertama dan kedua, guna menutup gim kedua dengan 22-20.

"Pada gim kedua, pelatih bilang ke kita untuk lebih enjoy, nekat, berani saja dan memberikan upaya terbaik," kata Fadia.

Gim penentuan kembali berlangsung sengit setelah kedua pasangan saling menekan. Meski sempat tertinggal, Fadia/Lanny segera bangkit dan perlahan menyusul hingga menyamakan kedudukan.

Pada pertengahan gim ketiga, Fadia/Lanny kembali melepaskan pukulan-pukulan kencang yang menjadi senjata efektif dalam meraih angka. Namun, Matsuyama/Shida membalas dengan ulet hingga Jepang menyamakan kedudukan 1-1.

Gregoria Mariska Tunjung menyumbangkan kemenangan pertama  Indonesia setelah menang rubber game 17-21, 21-17, 21-13 atas Akane Yamaguchi.

Berikutnya akan bertanding  Ester Nurumi Tri Wardoyo dan Komang Ayu Cahya Dewi dalam sektor tunggal, sementara Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose bertarung dalam ganda putri.

Baca juga: Apri/Fadia genapkan dominasi Indonesia atas Uganda dalam fase grup

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024