Luxor, Mesir (ANTARA/PRNewswire)- Babak Final Tingkat Dunia International Collegiate Programming Contest (ICPC) Ke-46 dan Ke-47 telah berakhir pada 18 April lalu. Sebanyak 263 tim di lebih dari 50 negara berpartisipasi dalam kompetisi yang berlangsung selama lima jam tersebut.

Babak Final Tingkat Dunia ICPC di Mesir adalah Babak Final Tingkat Dunia Edisi 2022 dan 2023 yang sempat ditunda dan telah digabungkan. Tim Peking University sukses menjadi Juara Babak Final Ke-46 setelah menyelesaikan 10 dari 11 soal. Dan, tim National Research University Higher School of Economics tampil sebagai Juara Babak Final Tingkat Dunia Ke-47 setelah menyelesaikan sembilan dari 11 soal.

"Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah mempertahankan anggaran investasi lebih dari $3 miliar dalam riset dasar setiap tahun, termasuk investasi yang ikut mengembangkan komunitas kompetisi internasional tersebut. Kami selalu menyambut bakat-bakat terbaik di dunia agar bergabung dan menjawab tantangan mutakhir dari industri TIK," ujar Liu Shaowei, President, European Research Institute, Huawei.

ICPC merupakan ajang paling bergengsi bagi ahli pemrograman. Ajang ini mempertemukan bakat-bakat muda terbaik dari sejumlah universitas di seluruh dunia untuk saling berkompetisi. Di ICPC, tim yang terdiri atas tiga orang menguji keahlian algoritma pemrograman untuk menjawab kendala yang rumit selama lima jam.

Tahun ini, Huawei telah empat kali menjadi Diamond Sponsor dalam Babak Final Tingkat Dunia ICPC. Selain kompetisi utama, Huawei juga menggelar "ICPC Challenge powered by Huawei", sesi simulasi tambahan pada Babak Final Tingkat Dunia ICPC. Di sesi ini, pakar Huawei mendesain soal-soal algoritma pemrograman yang berasal dari pengalaman praktis di industri. Sesi ini menjadi wadah berbagi pengalaman yang melibatkan para mahasiswa. Dengan demikian, mahasiswa memperoleh pemahaman praktis tentang cara mendorong kemajuan teknologi yang berdampak langsung terhadap manusia dalam jangka pendek.

Hingga kini, Huawei telah menggelar rangkaian kompetisi lewat kerja sama dengan ICPC Foundation, termasuk ICPC Challenge powered by Huawei, ICPC Training Camps, ICPC Challenge Championship powered by Huawei, dan lain-lain. Investasi berkelanjutan ini mencerminkan komitmen Huawei dalam meningkatkan keahlian dan memperluas basis SDM terampil dengan melibatkan komunitas ahli pemrograman internasional.

Sesi daring ICPC Challenge powered by Huawei, kompetisi berdurasi dua minggu, akan dimulai pada 6 Mei mendatang.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024