Untuk mendukung tugas yang diberikan, kami menurunkan seluruh tim yang ada di antaranya tim multimedia
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi menayangkan secara daring seluruh cabang perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 Jawa Barat tahun 2024, untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi maupun menyaksikan secara langsung.

"Kami juga menyiapkan live streaming di kanal youtube Wibawa Mukti TV. Masyarakat luas dapat dengan mudah mengakses informasi serta menyaksikan jalannya perlombaan yang sedang berlangsung," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Selasa.

Dia menjelaskan, melalui perangkat telepon genggam pintar maupun layar monitor yang tersedia di setiap arena perlombaan, masyarakat dapat menyaksikan jalannya perlombaan secara real time.

Siaran daring ini juga untuk memfasilitasi pengunjung, pendamping kafilah, maupun suporter agar bisa menyaksikan langsung perlimbaan, terutama di arena berkapasitas kecil.

"Karena memang fasilitas arena perlombaan kita tidak semuanya punya area yang memadai untuk seluruh penonton, jadi masyarakat bisa tetap menyaksikan, terutama pengunjung yang tidak bisa masuk ke dalam arena," katanya.

Menurut dia, gema penyelenggaraan MTQ ini mampu membawa aura positif dalam kehidupan bermasyarakat di Kabupaten Bekasi. Mengajak masyarakat untuk lebih mengenal, menghayati, serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Al Quran.

Masyarakat diberikan pemahaman bahwa untuk mengajarkan nilai-nilai Al Quran tidak hanya dilakukan melalui ceramah agama, melainkan juga bisa melalui kegiatan seperti ini.

Mereka yang melihat langsung atau nonton live streaming diharapkan dapat tergugah hati serta memahami bahwa banyak seni mempelajari Al Quran, menarik, sesuai minat masing-masing.

"Ada hafalan, tafsir, tilawah, kaligrafi. Ini kita mewadahi sehingga nanti terbangun kecintaan. Semoga generasi muda kita terinspirasi, mempelajari Al Quran itu menyenangkan. Ada berbagai cara, bidang yang mereka senangi. Sehingga nanti mereka mulai mendalami, mendatangi guru-guru atau pusat latihan kita," katanya.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Diskominfosantik Kabupaten Bekasi Rhamdan Nurul Ikhsan menyatakan, publikasi daring menjadi salah satu tugas dalam kepanitiaan MTQ ke-38 Jawa Barat selama kegiatan berlangsung.

Berpusat di Gedung Wibawa Mukti, Media Center MTQ Jawa Barat 2024 menyajikan informasi seputar penyelenggaraan mulai dari siaran langsung perlombaan, jadwal, dan arena, informasi naradamping, hingga informasi terkait lain yang dapat diakses seluruh peserta maupun pengunjung.

"Untuk mendukung tugas yang diberikan, kami menurunkan seluruh tim yang ada di antaranya tim multimedia yang memfasilitasi live streaming kegiatan di seluruh venue perlombaan, juga tim peliputan untuk menyampaikan serta mengabarkan update terbaru penyelenggaraan MTQ," katanya.

Rhamdan menyebutkan, ajang MTQ ini juga akan disiarkan melalui kegiatan nonton bersama di lingkungan satuan pendidikan baik sekolah maupun pesantren sesuai instruksi penjabat bupati Bekasi.

"Kami ingin gema perhelatan besar MTQ ke-38 tingkat Jawa Barat ini dapat dirasakan lebih luas lagi oleh seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Bekasi, sehingga masyarakat terutama generasi muda dapat menyaksikan potensi terbaik masing-masing kafilah di tiap cabang lomba tampil dalam perlombaan," katanya. (KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024