Jakarta (ANTARA) - Timnas Jepang lolos ke final Piala Asia U-23 2024 setelah menang 2-0 atas Irak pada laga semifinal yang digelar di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Selasa dini hari WIB.
 
Dua gol Jepang masing-masing diciptakan Mao Hosoya dan Ryotaro Araki di babak pertama, demikian yang dikutip dari laman resmi AFC.
 
Jepang akan menghadapi Uzbekistan di laga final yang berlangsung di Stadion Jassim bin Hamad pada Jumat (03/5) malam pukul 22.30 WIB.
 
Sedangkan Irak akan memperebutkan posisi tiga sekaligus tiket ke Olimpiade Paris 2024 dengan Timnas Indonesia pada Selasa (30/4) pukul 00.30 WIB di Stadion Jassim bin Hamad, Doha.

Baca juga: Indonesia takluk 0-2 dari Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23
 
Timnas Jepang langsung mengurung pertahanan Irak dan nyatis mencetak gol pada menit ke-10 lewat striker Mao Hosoya.
 
Mendapatkan umpan terobosan, Hosoya yang lolos dari jebakan offside membawa bola dan melepaskan tendangan mendatar, tetapi bisa dihalau dengan kaki kiri kiper Irak, Hussein Hasan.
 
Semenit kemudian giliran Irak yang mengancam gawang Jepang lewat tendangan Ali Jasim dari luar kotak penalti. Namun, bola tendangannya bisa ditepis kiper Kokubo.
 
Jepang berhasil memecahkan kebuntuan melalui kaki Mao Hosoyo pada menit ke-28.

Baca juga: Irak berjumpa Jepang pada partai semifinal Piala Asia U-23
 
Hosoyo berhasil lolos dari pengawalan pemain belakang dan jebakan offside. Dia kemudian membawa bola sebelum melepaskan tendangan mendatar tanpa bisa dijangkau kiper Irak. Samurai Biru unggul 1-0.
 
Timnas Irak harus kehilangan striker andalannya, Salem Ahmed pada menit ke-32 akibat cedera.
 
Usai Hosoya mencetak gol, Jepang tidak menurunkan intensitas serangan mereka ke pertahanan Irak.
 
Jepang menambah keunggulan menjadi 2-0 atas Irak pada menit ke-42. Kali ini Ryotaro Araki mencatatkan namanya di papan skor lewat sepakannya setelah bermain satu-dua dengan kapten tim, Fujita.
 
Striker Jepang Ryotaro Araki berselebrasi setelah berhasil mencetak gol kedua Jepang atas Irak saat laga semifinal Piala Asia U23 di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Senin (29/4/2024). (Photo by KARIM JAAFAR / AFP) (AFP/KARIM JAAFAR)
Baca juga: Irak jadi negara terakhir yang lolos ke perempat final Piala Asia U-23

Hingga babak pertama berakhir, Jepang masih unggul 2-0 atas Irak di semifinal Piala Asia U-23.
 
Selepas jeda, Jepang tetap mengontrol jalannya pertandingan dan langsung menciptakan dua peluang pada menit ke-48. Percobaan Kuryu Matsuki dan sepakan Fuki Yamada masih bisa diselamatkan Hussein Hasan.
 
Hingga menit 60-an, Jepang terus menggempur pertahanan Irak dan beberapa kali mendapatkan peluang berbahaya. Namun, kiper Hussein Hasan juga tampil gemilang dengan melakukan sejumlah penyelamatan.
 
Irak bisa balas menyerang pada menit ke-89. Ahmed Maknazi melepaskan tendangan jarak jauh setelah menerima bola dari Nihad Mohammed, tetapi arah bola masih melambung tinggi dari gawang Jepang.
 
Jepang nyaris menambah keunggulan mereka di penghujung pertandingan andai saja tendangan Kein Sato di sisi kanan kotak penalti tidak digagalkan Hussein Hasan.
 
Pertandingan berakhir dengan skor 2-0. Jepang lolos ke partai final dengan menyingkirkan Irak.

Baca juga: Oiwa ingin Jepang U-23 tampil lebih klinis di lini depan
Baca juga: Tuan rumah Qatar U-23 tersingkir usai kalah 2-4 dari Jepang U-23

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024