Kita musti buktikan, sepak bola ini mempersatukan Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Dukungan pengusaha yang melakukan penggalangan dana untuk tim nasional Indonesia U-23 kini bertambah menjadi 27 miliar Rupiah.

Sebelumnya terdapat penggalangan dana untuk timnas sepak bola Indonesia yang terjadi secara spontan dalam acara syukuran dan halalbihalal Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) yang berlangsung di Jakarta, Minggu, yang juga dihadiri oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Dilansir dari keterangan resmi, Senin, empat pengusaha diantaranya Chandra Ekajaya (PT Sillo Maritime Tbk), Soejahjono Winarko (Union Sampoerna Group), Haryanto Tjiptodihardjo (PT Impact Pratama Industri Tbk) dan Alvin Sariaatmadja (Emtek Group) resmi bergabung bersama pengusaha Indonesia lainnya untuk mendukung tim Garuda Muda yang kini tengah berjuang untuk merebut tiket menuju Olimpiade Paris 2024.

"Sebagai ketua PSSI inilah kehormatan yang luar biasa. Di mana para pengusaha peduli, karena memang kita musti buktikan, sepak bola ini mempersatukan Indonesia," kata Erick kepada Antara, Minggu (29/04).

Baca juga: Ketum PSSI apresiasi dukungan finansial dari para pengusaha

Sebagian pengusaha yang tergabung memberikan dukungan kepada skuad Garuda Muda diantaranya Sugianto Kusuma (Agung Sedayu Group), Franky O Widjaja (Sinarmas Group), Anthony Salim (Salim Group), Maruara Sirait (Puri Damai Sejahtera) dan Garibaldi Thohir (Adaro Group).

Di babak semifinal Piala Asia U-23 2024, Indonesia menyerah atas Uzbekistan dengan skor 0-2 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin malam WIB.

Namun peluang asuhan pelatih Shin Tae-yong tersebut masih terbuka lebar untuk dapat mengamankan tiket menuju Paris. Pasalnya Indonesia kini masih berkesempatan untuk merebut satu tiket melalui pertandingan perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23.

Jika tim Garuda Muda gagal mengamankan tiket melalui pertandingan perebutan ketiga, Rizki Ridho dan kawan-kawan masih berpeluang memperebutkan sisa satu tiket pada pertandingan kualifikasi playoff antar konfederasi menghadapi Guinea yang berlangsung pada bulan Mei mendatang.

Baca juga: Timnas sepak bola Indonesia dapat dukungan Rp23 M dari para pengusaha

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024