Jakarta (ANTARA) - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho menyampaikan kegiatan nonton bareng atau nobar semifinal Piala AFC Asia antara Indonesia kontra Uzbekistan menjadi momentum untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat.

“Semifinal Piala Asia ini dijadikan juga momentum untuk bisa kembali mendekatkan polisi dengan masyarakat, menjalin kembali kerukunan dan kebersamaan,” kata Sandi dalam acara nobar semifinal Piala AFC Asia di Mabes Polri, Jakarta, Senin malam.

Polri, kata dia, atas arahan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengadakan kegiatan nobar semifinal Piala AFC Asia 2024 tidak hanya di Mabes Polri, tapi di seluruh Polres dan Polda se-Indonesia.

“Kesempatan kali ini atas petunjuk dan arahan Bapak Kapolri, untuk semifinal ini tidak hanya dilaksanakan di Mabes Polri saja, tetapi juga dilaksanakan di seluruh jajaran kepolisian di seluruh Indonesia, baik polda maupun polres polres,” katanya.

Menurut dia, momen semifinal ini sedang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia, karena merupakan prestasi yang luar biasa untuk pertama dalam sejarah Squad Garuda Indonesia masuk babak semifinal Piala AFC Asia.

“Dalam sejarahnya Indonesia tahun 60-an pernah mengikuti Piala Asia, dan baru kali ini, tahun ini, Alhamdulillah tim squad Indonesia bisa tembus ke babak semifinal,” ujarnya.

Selain untuk mendekatkan polisi dan masyarakat, kegiatan nobar semifinal Piala AFC Asia menjadi momentum bagi Bangsa Indonesia untuk merajut kembali persatuan dan kesatuan, terlebih setelah perhelatan Pemilu 2024 (pilpres dan pileg) yang berakhir dengan putusan PHPU di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Karena dengan sepakbola kita bisa menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia itu adalah bangsa yang berbeda-beda tapi satu tujuan untuk membangun persatuan dan kesatuan bangsa melalui olahraga, yaitu sepakbola,” katanya memaparkan.

Kegiatan nobar ini sekaligus juga momentum halal bihalal antara jajaran Divisi Humas Polri dengan jurnalis Trunojoyo (wartawan Mabes Polri) usai Idul Fitri 1445H/2024.

Sandi menyampaikan keberhasilan Indonesia menembus semifinal Piala AFC Asia untuk pertama kali juga berkat dukungan seluruh masyarakat Indonesia.

Dalam Squad Timnas U-23 terdapat dua personel Polri yang jadi pemain, yakni Bripda Muhammad Ferrari dan Bripda Daffa Fasya Sumawijaya.

Hingga berita ini diturunkan, pertandingan Indonesia kontra Uzbekistan telah memasuki babak kedua, dengan skor 0-1. Sebelumnya, Indonesia sempat mencetak gol, namun dianulir oleh wasit.
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024