Pasangkayu (ANTARA) - Kodim 1427 Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan pendampingan petani dalam mengembangkan komoditi jagung untuk memperkuat ketahanan pangan.

"Pendampingan diberikan oleh personil TNI kepada petani dalam mengembangkan komoditi jagung, sebagai upaya nyata TNI dalam memperkuat ketahanan pangan," kata Komandan Kodim 1427 Kabupaten Pasangkayu, Letkol Czi Dony Siswano, di Pasangkayu, Minggu.

Ia mengatakan, ketahanan pangan, sangat penting dan strategis bagi bangsa Indonesia, mengingat pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi pemerintah dan masyarakat.

"Program pemerintah pusat maupun daerah secara nasional dalam memperkuat ketahanan pangan nasional juga dilakukan TNI, karena kebutuhan pangan masyarakat juga semakin meningkat," katanya.

Ia mengatakan, personil TNI di Kodim Pasangkayu, Koramil maupun Babinsa dikerahkan diseluruh Kabupaten Pasangkayu mendampingi petani jagung.

"Personil TNI dikerahkan mendampingi petani di Pasangkayu bukan hanya untuk mengembangkan jagung namun juga padi dan palawija," katanya.

Ia menyampaikan, program ketahanan harus terus diprogramkan pemerintah karena pangan bahan pokok yang harus tersedia dan mencukupi kebutuhan masyarakat di daerah.

Ia juga menghimbau agar masyarakat terus memanfaatkan lahan kosong untuk mengembangkan komoditi pertanian dan personil TNI akan melakukan pendampingan..

Ia juga mengatakan, Kodim Pasangkayu juga telah mempersiapkan sekitar 10,5 hektare lahan untuk mengembangkan komoditi jagung padi dan palawija memperkuat ketahanan pangan di Kabupaten Pasangkayu.

 

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024