Medan (ANTARA) - PT Pertamina Lubricants menyatakan, podium perdana yang diraih Pertamina Enduro VR46 Racing Team di MotoGP 2024 melalui pembalap Marco Bezzecchi yang menduduki peringkat ketiga GP Spanyol, Sirkuit Jerez, Minggu (28/4), adalah prestasi besar.

"Ini prestasi besar. Luar biasa perjuangannya," ujar Manajer Small Engine Oil (SEO) PT Pertamina Lubricants Aribowo Santosa di Medan usai nonton bareng balapan GP Spanyol, Minggu (28/4) malam.

Menurut Aribowo, Pertamina Enduro VR46 Racing Team sudah melakukan upaya keras mulai dari sesi kualifikasi hingga pertandingan.

Dia menyebut, para pembalap dan ofisial sudah melakukan tugas dengan baik meski mereka menggunakan sepeda motor Ducati Desmosedici GP23 yang masih bergantung pada mesin tahun 2023.

"Semoga salah satu pembalap atau tim kami setidak-tidaknya bisa menduduki peringkat lima besar di klasemen pada akhir musim," kata Aribowo.

Dia pun berharap adanya dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia untuk kiprah Pertamina Enduro VR46 Racing Team di MotoGP 2024.

Baca juga: Francesco Bagnaia menangi Grand Prix Spanyol setelah balapan dramatis

Aribowo menegaskan, Pertamina Enduro VR46 Racing Team menjadi salah satu bukti bahwa perusahaan Indonesia mampu terjun di salah satu kompetisi balap kelas dunia.

"Sekarang masyarakat Indonesia punya tim yang bisa didukung di MotoGP. Kerja sama dengan VR46 Racing Team menunjukkan bahwa produk dari Pertamina Lubricants memiliki standar tertinggi sehingga dapat mendukung tim itu hingga MotoGP musim 2026," tutur Aribowo.

PT Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga, sub holding komersial dan perdagangan dari PT Pertamina (Persero).

Pertamina Lubricants menjadi sponsor utama dari tim MotoGP VR46 Racing Team mulai tahun 2024 dengan durasi kemitraan selama tiga musim via merek dagang pelumas Pertamina Enduro.

VR46 Racing Team merupakan tim balap motor milik Valentino Rossi, pemegang tujuh gelar juara dunia MotoGP, dan berbasis di Italia.

Pada MotoGP 2024, Pertamina Enduro VR46 Racing Team diperkuat dua pembalap asal Italia yakni Marco Bezzechi dan Fabio Di Giannantonio.

Pada tiga seri awal MotoGP 2024 yakni GP Qatar, GP Portugal dan GP Amerika, keduanya belum mampu berdiri di podium meski selalu mampu menuntaskan lomba.

Keberhasilan yang ditunggu datang di GP Spanyol, Sirkuit Jerez, di mana Marco Bezzechi berada di peringkat ketiga, di bawah pemenang Francesco Bagnaia dan "runner-up" Marc Marquez.

Hasil tersebut membuat pasangan Marco Bezzechi dan Fabio Di Giannantonio berada di peringkat kesembilan dan kesepuluh klasemen pembalap sementara MotoGP 2024 dengan koleksi masing-masing 36 poin dan 34 poin.

Baca juga: Diggia dan Bezzecchi bersiap untuk MotoGP Spanyol di Jerez

Baca juga: Pertamina Enduro VR46 Racing Team ingin lebih dikenal di Eropa


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024