Jakarta (ANTARA) - Los Angeles Lakers akhirnya bisa mengalahkan Denver Nuggets dengan skor 119-108 dalam gim keempat babak playoff NBA Wilayah Barat di Crypto.com Arena Los Angeles California, Minggu WIB, dan memaksa gim kelima dilangsungkan berkat skor 3-1.

Bintang Lakers, LeBron James menjadi pencetak skor tertinggi dengan 30 poin, dan pemain posisi center Anthony Davis menambahkan 25 poin serta 23 rebound yang membawa mereka menghindari eliminasi pascamusim.

Kali ini tidak hanya James dan Davis yang memiliki performa apik. Lakers juga dapat bantuan dari D'Angelo Russell dan Austin Reaves masing-masing mencetak 21 poin untuk Lakers yang mengakhiri 11 kekalahan beruntun mereka melawan juara bertahan NBA 2023. Ini merupakan kemenangan pertama Lakers atas Nuggets sejak Desember 2022.

“Kami mendapat kesempatan lain untuk memainkan satu pertandingan lagi, dan jika kami menang, bangkit, dan memainkan satu pertandingan lagi, dan terus berjalan dari sana,” kata Austin Reaves seperti dikutip dari laman resmi NBA.

“Peluang tidak selalu menguntungkan kami. Namun kapan saja kami dapat tetap mengapung di atas permukaan dan memberikan diri kami kesempatan untuk melakukan sesuatu yang istimewa, kami siap menghadapi tantangan tersebut," katanya lagi.

Baca juga: Celtics bangkit, unggul 2-1 atas Heat

Denver Nuggets menyingkirkan Los Angeles dari final NBA Wilayah Barat musim lalu dengan skor 4-0. Namun Lakers saat ini merespons setelah tertinggal 3-0 dari Nuggets untuk menghindari kesalahan yang sama seperti tahun lalu.

Nuggets menang pada pertandingan pertama dengan skor 114-103. Di laga kedua, sebenarnya Lakers hampir menang jika Jamal Murray tidak mencetak poin di akhir laga atau buzzer beater yang mengubah skor menjadi 101-99. Pada gim ketiga di hadapan publiknya sendiri, Lakers kembali kalah untuk yang ke-11 kalinya dengan skor 112-105.

Menit-menit akhir pada gim ketiga itu Lakers seakan sudah hancur. Mulai dari sang legenda hidup LeBron James sampai pemain muda Lakers Austin Reaves kehilangan semangat untuk menyelesaikan laga. Bahkan Reaves pun menangis di pundak pelatihnya Darvin Ham pada saat yang sama di mana para pendukung Lakers meninggalkan Crypto.com arena di akhir kuarter empat.

Pada laga keempat ini pun Lakers sebenarnya tak cukup ngotot untuk memenangi laga. Mereka hanya mencetak angka terus menerus. Bahkan tak ada pertunjukan dunk keras yang menghibur penonton.

Nuggets pun memberikan keunggulan itu kepada Lakers dengan melepas permainan di 20 detik terakhir dan skor tak berubah 119-108.

"Kami masih tertinggal 3-1. Jadi setiap pertandingan akan memiliki tantangan. Kami menyelesaikan pekerjaan dengan baik saat ini dan memperpanjang seri pertandingan, tapi kami harus lebih baik lagi," kata LeBron James.

Nikola Jokic memimpin skor tertinggi Nuggets dengan triple-double 33 poin, 14 rebound, dan 14 assist. Michael Porter Jr 27 poin serta 11 rebound, Jamal Murray 22 poin, dan Kentavious Caldwell-Pope 14 angka.

Gim kelima antara Lakers dan Nuggets akan kembali ke markas Denver pada Selasa (30/4).

Baca juga: Lakers kalah 11 kali dari Nuggets, tertinggal 0-3 di playoff
Baca juga: Magic samakan kedudukan 2-2 atas Cavaliers

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024