Komitmen Kilang Pertamina Plaju dalam menjaga keanekaragaman hayati dengan pemberdayaan masyarakat lokal, diapresiasi hingga level internasional.
Palembang (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) meraih penghargaan Global CSR & ESG Awards 2024 dari The Pinnacle Group International, Vietnam.

"Komitmen Kilang Pertamina Plaju dalam menjaga keanekaragaman hayati dengan pemberdayaan masyarakat lokal, diapresiasi hingga pada level internasional dengan diterimanya penghargaan tersebut," kata General Manager PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju Yulianto Triwibowo, di Palembang, Sabtu (27/4).

Dia menjelaskan, melalui Program Belida Musi Lestari, Kilang Pertamina Plaju yang beroperasi di Palembang berhasil meraih penghargaan Gold & Silver di ajang internasional The 16Th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggarakan The Pinnacle Group International (https://globalcsr.pinnaclegroup.global) yang digelar di Hanoi, Vietnam, Kamis (25/4).

Dengan mengangkat topik 'Saving Rare Fish on the Sundaland Region', Kilang Pertamina Plaju mendapatkan penghargaan Gold pada kategori Excellence in Provision of Literacy & Education Award, dan penghargaan Silver pada kategori Product Excellence Award.

Hal ini menjadi wujud apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam upaya menjaga keanekaragaman hayati, sebagai salah satu pilar lingkungan dalam mendukung ketercapaian prinsip-prinsip Environmental, Social & Governance (ESG), katanya pula.

Terutama dalam program Belida Musi Lestari yang fokus pada pengembangbiakan dan regenerasi ikan belida (Chitala sp) yang terkategori Near Threatened (hampir terancam) dan Chitala lopis yang terkategori Extinct (punah) oleh lembaga International Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List.

Yulianto mengatakan, Kilang Pertamina Plaju memiliki perhatian yang besar terhadap aspek-aspek keberlanjutan, sebagaimana dituangkan dalam dokumen kebijakan tanjung jawab sosial lingkungan (TJSL), sehingga mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) dan aspek-aspek ESG.

"Penghargaan ini menjadi apresiasi untuk seluruh perwira Kilang Pertamina Plaju yang konsisten dalam menjalankan aspek-aspek ESG serta terus-menerus mengupayakan pemberdayaan masyarakat sekitar wilayah operasional,” katanya pula.

Ia juga menambahkan, dalam mewujudkan implementasi aspek ESG ini, dibutuhkan dukungan dari semua pihak termasuk dunia usaha, pemerintah, akademisi, media massa serta komunitas masyarakat.

Pembicara di event Global CSR & ESG Summit 2024, Prof Geoffrey William (Founder and Director of Williams Business Consultancy Sdn Bhd, Professor and Provost at the Malaysia University of Science and Technology (MUST)) mengapresiasi kontribusi perusahaan-perusahaan yang terlibat tidak hanya berpikir orientasi profit semata. Namun tetap mengedepankan kebermanfaatan sosial dan ekonomi yang dirasakan langsung oleh masyarakat.

Ia berpesan agar dampak dari program dapat dirasakan secara nyata dan menyentuh langsung elemen masyarakat.
Baca juga: Kilang Pertamina Plaju beri ruang aman dan setara pekerja perempuan
Baca juga: Kilang Pertamina Plaju salurkan 148.000 KL BBM momentum Lebaran

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024