Wuhan (ANTARA) - Lengan mekanis dan kendaraan berpemandu otomatis (automated guided vehicle/AGV) yang dioperasikan dengan sistem kendali manufaktur digital dapat dilihat di seluruh penjuru sebuah pabrik produksi satelit di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, China tengah.

Pabrik ini memiliki lini produksi pintar pertama di China untuk satelit kecil. Terletak di kawasan industri satelit Wuhan, fasilitas tersebut dibangun oleh China Aerospace Science and Industry Corporation (CASIC).

Lini produksi tersebut mulai beroperasi pada 2021 dan telah memproduksi lebih dari 10 satelit hingga saat ini.

Berdasarkan teknologi manufaktur pintar, lini produksi tersebut memiliki fleksibilitas dan efisiensi yang tinggi, serta kualitas tinggi yang mampu memenuhi permintaan satelit kecil yang diproduksi secara massal maupun satelit yang harus diproduksi secara satuan.

Lini produksi itu kini mencatatkan output tahunan lebih dari 200 satelit kecil dengan berat kurang dari 1 ton, kapasitas penyimpanan 60 suku cadang satelit dan 60 satelit utuh, serta tingkat otomatisasi distribusi logistik lebih dari 95 persen, yang sangat meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi.

Pesatnya perkembangan satelit komersial dan konstruksi konstelasi satelit telah menyebabkan tingginya permintaan satelit yang diproduksi secara massal.

CASIC menyediakan layanan yang dapat disesuaikan, termasuk seluruh proses pengembangan dan produksi satelit, pengujian dan produksi massal, serta layanan untuk pengguna satelit di dalam maupun luar negeri.

CASIC berhasil menyelesaikan uji perakitan akhir 12 satelit untuk konstelasi Tianmu dalam waktu sekitar empat bulan pada tahun lalu, memperpendek siklus produksi satu batch satelit lebih dari 13,5 persen.

Keberhasilan pengiriman satelit-satelit ini menguji kapasitas produksi lini perakitan tersebut secara menyeluruh, yang menandai transformasinya dari produksi satuan menjadi produksi massal, serta menandai kematangan operasional antariksa komersial.

Proyek lini produksi perakitan digital CASIC telah lulus tinjauan pada Maret 2024. Lini baru ini mengintegrasikan perakitan, pengujian, pergudangan dan logistik, manajemen dan pengendalian, serta teknologi informasi, yang bertujuan untuk mewujudkan produksi satelit skala besar.

Lini produksi satelit pintar telah secara efektif meningkatkan kapasitas produksi dan kemampuan pengendalian kualitas wahana, serta mendorong peningkatan cerdas dan transformasi produknya.

Pewarta: Xinhua
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2024