Jakarta (ANTARA) - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk meluncurkan fitur terbaru dari kartu Shar-E Debit VISA yaitu teknologi nirsentuh atau contactless yang disebut Paywave yang dapat digunakan jemaah haji nasabah untuk bertransaksi di Tanah Suci.

"Fitur kartu Shar-E Debit VISA Paywave dapat digunakan untuk transaksi di luar negeri. Oleh karena itu, kami memperkenalkan fitur ini pada momentum musim haji tahun ini dengan harapan dapat memudahkan transaksi jemaah haji Indonesia selama beribadah di Tanah Suci," kata SEVP Retail Banking Bank Muamalat Dedy Suryadi Dharmawan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Dedy menjelaskan Paywave merupakan salah satu metode pembayaran di kartu Shar-E Debit VISA berlogo khusus melalui mesin electronic data capture (EDC) yang mendukung fitur tersebut. Hal itu berarti pembayaran yang dilakukan akan lebih cepat dan aman karena kartu tidak perlu diberikan ke petugas kasir.

Kartu tersebut dapat digunakan kapan saja pada mesin EDC yang mendukung fitur Paywave di luar negeri, termasuk di Arab Saudi, untuk kebutuhan transaksi seperti pembayaran di merchant, pembelian buah tangan, dan lain-lain.

Sama seperti kartu non-Paywave, kartu Shar-E Debit VISA dengan fitur Paywave tidak menerapkan biaya tambahan yang dibebankan kepada nasabah setiap bertransaksi. Untuk dapat memiliki kartu Shar-E Debit VISA berlogo Paywave ini, nasabah dapat mengunjungi kantor cabang Bank Muamalat yang telah memiliki persediaan kartu.

Kartu Shar-E Debit VISA Paywave dilengkapi dengan pengamanan terenkripsi di setiap kartunya serta diproteksi dengan pengamanan limit transaksi.

Kartu tersebut dapat digunakan untuk transaksi belanja di mesin EDC tanpa menggunakan PIN dengan nominal kurang dari Rp100.000 per transaksi dengan limit transaksi kartu Paywave sebesar Rp1 juta per hari. Adapun untuk nominal di atas Rp1 juta tetap dapat bertransaksi dengan mekanisme transaksi card dipping dengan otorisasi PIN.

Selain fitur Paywave, kartu Shar-E Debit Muamalat berlogo VISA juga dapat digunakan di seluruh mesin ATM dan EDC berlogo VISA/Plus di Arab Saudi.

Kartu Shar-E Debit juga memiliki kelebihan dengan tersedianya pilihan transaksi dalam bahasa Indonesia saat bertransaksi di ATM, khusus untuk mesin ATM milik Bank Al Rajhi yang tersebar di Makkah, Madinah, dan Jeddah.

Tidak hanya fitur-fitur inovatif memudahkan nasabah dalam bertransaksi, kartu Shar-E Debit Muamalat berlogo VISA juga menawarkan program cashback 15 persen untuk setiap pembelanjaan di semua merchant berlogo VISA di Arab Saudi hingga Rp250.000 dalam satu bulan tanpa adanya ketentuan minimum transaksi.

Dedy mengatakan berbagai fitur dan program yang disiapkan Bank Muamalat tersebut akan sangat bermanfaat dan memberikan nilai tambah kepada para nasabah yang menunaikan ibadah haji.

"Hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk senantiasa berkontribusi terhadap kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji," kata Dedy.

Baca juga: Bank Muamalat ditunjuk sebagai penyalur gaji pegawai RS Haji Jakarta
Baca juga: Mimpi besar di balik merger BTN Syariah-Bank Muamalat
Baca juga: Aset Bank Muamalat capai Rp66,9 triliun pada tahun 2023

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024