Jakarta (ANTARA) - Dua gol Rafael Struick membawa Indonesia U-23 mengungguli Korea Selatan 2-1 pada babak pertama pertandingan perempat final Piala Asia U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat dini hari WIB.

Gawang Indonesia sempat kemasukan pada menit kedelapan tetapi tinjauan VAR menyatakan gol tidak sah karena pemain Korsel sudah berada dalam posisi offside.

Indonesia yang bermain tanpa rasa takut menghadapi nama besar Korea Selatan memecahkan kebuntuan pada menit ke-15. 

Rafael Struick melepaskan sepakan cantik dari luar kotak penalti yang bersarang ke sudut gawang Korea Selatan tanpa bisa dihadang  kiper Baek Jong-bum.

Keunggulan satu gol membuat Indonesia semakin percaya diri. Marselino mencatat peluang bagus setelah bekerja sama dengan Witan Sulaeman, namun sepakan penyelesaian Marselino melambung di atas mistar gawang Korsel.

Baca juga: Struick antar Indonesia ungguli Korsel 2-1 jelang turun minum

Namun Korea Selatan menyamakan kedudukan pada menit ke-45 ketika  Komang Teguh  membelokkan arah bola hasil sundulan pemain Korea Selatan, ke gawang sendiri dari sisi kiri pertahanan timnas Indonesia, setelah didahului sebuah umpan silang dari sektor kiri pertahanan Garuda Muda.

Struick kemudian memulihkan keunggulan satu gol Indonesia menjelang babak pertama usai.

Dia menerima umpan panjang dari belakang kiriman Ivar Jenner dari daerah pertahanan Indonesia.

Struick bola untuk mengecoh bek lawan dan akhirnya menaklukkan kiper Baek dengan sepakan kaki kiri untuk merestorasi keunggulan Indonesia.

Babak pertama pun ditutup dengan skor 2-1, yang menjadi milik Indonesia.

Baca juga: Rafael Struick bawa Indonesia unggul 1-0 pada menit ke-15

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024