Ambon (ANTARA) - Konsulat Jenderal Australia di Makassar dan Pemerintah Kota Ambon menjajaki program kerja sama peningkatan kapasitas sumber daya manusia di sektor perikanan.

"Peningkatan kapasitas dilakukan melalui program 'Australia Award' dengan memberikan kesempatan bagi warga Indonesia untuk belajar di berbagai universitas di Australia," kata Konsul Jenderal Australia di Makassar, Todd Dias, di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan, penjajakan dilakukan agar kerja sama berjalan dengan baik, dengan fokus utama yakni peningkatan kapasitas SDM guna mengembangkan sektor perikanan seperti yang diminta oleh Pemkot Ambon.

"Secara spesifik bagaimana bisa membantu untuk SDM, misalnya ada beberapa beasiswa yang ditawarkan di Australia, yakni beasiswa untuk S2, S3, dan kursus singkat," katanya.

"Sehingga SDM di kota ini siap menghadapi perkembangan sektor perikanan di tahun yang akan datang," katanya menambahkan.

Asisten III Setda Kota Ambon, Robby Sapulette, menjelaskan, banyak hal yang diperbincangkan saat pertemuan dan Konsulat Jenderal Australia di Makassar bersedia untuk membantu.

Fokus utama adalah peningkatan SDM dan kerja sama investasi, khususnya bagi UMKM dan ekonomi kreatif.

Termasuk juga diaktifkannya kembali kegiatan tahunan lomba perahu layar Darwin Ambon atau Darwin - Ambon Yacht Race agar dapat digelar kembali mulai tahun depan.

"Kita melakukan penjajakan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, kalau bisa tahun depan kembali digelar," kata Robby.

Baca juga: Konjen Australia nilai pendidikan pererat hubungan bilateral dengan RI

Baca juga: Konsul Australia tekankan pentingnya peran perempuan dalam ekonomi

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024