Jakarta (ANTARA) -
Perusahaan migas PT Rukun Raharja Tbk (Raja) mencatatkan laba bersih meningkat secara tahunan sebesar 41 persen, dari 5,7 juta dolar AS di kuartal I-2023 menjadi 8 juta dolar AS di kuartal I-2024.
 
Pendapatan bersih perusahaan meningkat sebesar 67 persen menjadi 61,6 juta dolar AS, naik dari 37 juta dolar AS di periode yang sama tahun lalu.
 
"Faktor utama peningkatan keuangan perseroan meliputi kontribusi signifikan dari proyek yang telah diselesaikan pada tahun 2023. Khususnya, bisnis upstream melalui investasi perseroan di Blok Jabung berkontribusi sekitar 20 persen dari total pendapatan," kata Direktur Utama PT Rukun Raharja Djauhar Maulidi di Jakarta, Rabu.
 
Selain itu, infrastruktur baru yang dibangun di Kabupaten Siak dan Grobogan membuka sumber pendapatan baru dalam segmen bisnis perdagangan gas, sehingga kontribusi dari segmen ini mencapai 15 persen dari total pendapatan.
 
"Peningkatan juga terjadi pada segmen bisnis lain, yang secara keseluruhan memberikan dampak positif bagi keuangan perseroan," ujar Djauhar.
 
Peningkatan performa keuangan pada kuartal I-2024 merupakan hasil dari implementasi strategi bisnis yang telah direncanakan dengan matang dan berorientasi pada keberlanjutan.
 
"Pencapaian ini tidak hanya menegaskan komitmen kami terhadap praktik bisnis yang bertanggung jawab, tetapi juga menunjukkan dedikasi perseroan dalam memajukan agenda keberlanjutan," tuturnya.


Baca juga: Astra Agro raih laba bersih Rp1,06 triliun pada 2023
Baca juga: BCA kantongi laba bersih Rp12,9 triliun di kuartal I 2024
Baca juga: Mitratel bukukan laba bersih Rp521 miliar pada kuartal I-2024
 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024