Bantuan yang diserahkan berupa paket kasur, selimut, handuk, masker, tikar, obat-obatan, popok bayi, makanan dan minuman
Jakarta (ANTARA) - Berbagai berita humaniora menarik dari Selasa (23/4) dapat disimak hari ini, seperti Presiden meninjau fasilitas di SMK 1 Rangas yang terdampak gempa.

Ada juga KLHK perkirakan perlu Rp22 triliun untuk memperbaiki kualitas air di 15 DAS, Kemendikbudristek memberikan dana apresiasi tahunan kepada 44 seniman, dan Kemenkes mengubah paradigma perencanaan kesehatan melalui Rakerkesnas 2024.

Selain itu, BI menyerahkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Ruang.

Selengkapnya dapat dibaca di sini.

1. Presiden meninjau fasilitas di SMK 1 Rangas yang terdampak gempa

Presiden Joko Widodo meninjau langsung fasilitas pendidikan di SMK Negeri 1 Rangas, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, sebagai salah satu objek yang terdampak oleh gempa Mamuju pada tahun 2021.

"Tadi Pak Kepala Sekolah menyampaikan ke saya, 'Pak ini masih kurang, anak-anak butuh asrama karena banyak yang tinggal jauh dari sekolah sehingga harus banyak yang tersebar ngekos (indekos) di sekitar sekolah.' Ya nanti sebentar lagi akan kita bangun asramanya, atas permintaan kepala sekolah, ibu bupati, dan pak gubernur," kata Presiden Jokowi berdasarkan keterangan resmi dari Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Selasa.

2. KLHK perkirakan perlu Rp22 triliun perbaiki kualitas air 15 DAS

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengatakan dibutuhkan pendanaan sekitar Rp22 triliun untuk melakukan perbaikan kualitas air di 15 daerah aliran sungai (DAS) prioritas di Indonesia.

Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK Sigit Reliantoro dalam rapat teknis Festival Pengendalian Lingkungan 2024 di Jakarta Selasa mengatakan, biaya tersebut mencakup beberapa sektor, seperti biaya penurunan beban pencemar domestik melalui pembangunan ekoriparian dan instalasi pengolahan air limbah (IPAL), penurunan beban pencemar industri dan pencemar peternakan.

3. Kemendikbudristek berikan dana apresiasi tahunan kepada 44 seniman

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan dana apresiasi tahunan masing-masing sebesar Rp25 juta kepada 44 seniman penerima Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) kategori Maestro Seni Tradisi.

“Penting untuk mendudukkan kembali urusan kebudayaan sebagai arus utama pembangunan dan dalam hal ini maestro seni tradisi memiliki peranan besar untuk mewariskan semangat dan pengetahuan kepada generasi muda,” kata Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid di Jakarta, Selasa.

4. Kemenkes mengubah paradigma perencanaan kesehatan melalui Rakerkesnas 2024

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengemukakan agenda Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2024 memuat sejumlah agenda pembahasan yang akan mengubah paradigma perencanaan kesehatan di Indonesia.

"Pertama, kita akan menyelaraskan penyusunan Rencana Induk Bidang Kesehatan sebagai haluan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam merencanakan, menganggarkan, dan mengimplementasikan program kesehatan di daerah," kata Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya di Jakarta, Selasa malam.

5. BI serahkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Ruang

Bank Indonesia (BI) menyerahkan bantuan sosial bencana erupsi Gunung Ruang kepada warga terdampak, di Tagulandang, Kabupaten Kapulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut).

"Bantuan yang diserahkan berupa paket kasur, selimut, handuk, masker, tikar, obat-obatan, popok bayi, makanan dan minuman," kata Kepala BI Sulut Andry Prasmuko, di Manado, Selasa.

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024