Jakarta (ANTARA) - Prawira Harum Bandung memenangkan pertandingan pertamanya pada ronde 2 kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 Grup A dengan skor tipis 53-50 atas Hong Kong (HK) Eastern Basketball Team di Britama Arena, Jakarta Utara, Selasa.

Prawira mendapatkan lawan yang tangguh kali ini karena HK Eastern berstatus juara Grup A pada ronde 1.

Kedua tim bermain ketat sejak awal. Prawira yang bermain baik di lini pertahanan dapat mengimbangi HK Eastern dengan menjaga jarak poin 26-33 saat turun minum.

Situasi sulit dihadapi Prawira pada awal kuarter ketiga dimana mereka harus kehilangan Brandone Francis yang mencetak enam poin, dua rebound, dan satu asis pada laga ini selama tampil 11 menit 20 detik di lapangan.

Baca juga: Prawira dan Pelita Jaya dalam statistik teratas Kualifikasi BCL Asia

Pemain asing andalan Prawira tersebut dikeluarkan dari permainan (ejected) karena melakukan pelanggaran berat.

Namun, keluarnya Francis tak membuat Prawira goyah karena justru membuat mereka bermain semakin agresif. Mereka mencetak 18 poin dan dalam kesempatan yang sama berhasil mengurung HK Eastern yang hanya mencetak lima angka selama kuarter ketiga.

Pada kuarter terakhir, sebuah steal dari James Gist, yang diselesaikan oleh Indra Muhammad memberikan Prawira keunggulan 50-43.

Di sisa 37 detik, HK Eastern hampir saja merebut kemenangan Prawira ketika Chris Mclaughlin mencetak poin dari layup saat memanfaatkan assist dari Dominic Gilbert untuk membuat HK Eastern hanya berjarak satu bola dari Prawira (50-52).

Baca juga: Kiprah IBL di balik bersinarnya Prawira-Pelita Jaya di BCL Asia

Pada detik-detik terakhir, akhirnya satu poin free throw Yudha Saputera mengunci kemenangan Prawira di laga pertama Ronde 2 ini dengan skor 53-50.

Pada laga ini, Prawira sebenarnya bermain di bawah performa mereka. Anak asuh head coach David Singleton tersebut hanya memasukkan 20 tembakan dari 63 attempt.

Beruntung, juara Indonesian Basketball League (IBL) tahun lalu itu memiliki Antonio Hester yang mampu mendulang double-double dengan 19 poin, 15 rebound, dan dua asis. Performa Hester disusul oleh James Gist dengan kontribusi sembilan poin, 13 rebound, dan tiga asis.

Sebaliknya dari kubu HK Eastern, Mclaughlin mencetak 17 poin dan 10 rebound, dan satu asis, disusul Yiu Pong Yip dengan kontribusi 12 poin dan lima rebound.

Prawira kini menyusul Pelita Jaya Jakarta yang sebelumnya juga meraih kemenangan dengan rekor 1-0. Prawira ada di peringkat kedua karena Pelita Jaya lebih unggul selisih poin.

Prawira dan Pelita Jaya besok, Rabu (24/4) di Britama Arena akan saling berhadapan untuk memperebutkan puncak klasemen Grup A Ronde 2.

Baca juga: Pelita Jaya buka kualifikasi BCL Asia dengan kemenangan 94-79

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024