Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) GM Utut Adianto berharap lahir Grand Master (GM) catur Indonesia baru dari pergelaran Pertamina Indonesian Tournament 2024.

“PB Percasi senantiasa berupaya kerja keras menjalankan program pembinaan, salah satunya dengan menghadirkan turnamen Pertamina Grand Master (GM) ini. Kita sadar meski dengan kerja keras kita belum bisa menjadi salah satu kekuatan catur dunia," kata Ketua PB Percasi Utut Ardianto, dikutip dari keterangan resmi, Selasa.

"Tapi kita yakin suatu saat nanti kita akan dapat menjadi kekuatan catur dunia karena kita selalu berusaha dapat menggelar turnamen berkelas seperti Pertamina-Mandiri ini,” tambah GM Utut.

GM Utut memberi apresiasi kepada Pertamina dan Bank Mandiri yang turut peduli untuk pertama kali mensponsori turnamen catur internasional. Dia mengharapkan kerja sama pertama ini akan terus berlanjut di kemudian hari.

Baca juga: Empat gelar juara jadi kado tahun baru PB Percasi untuk Indonesia

Sementara itu Corporate Brand Pertamina, Sandy Nurlita berharap ada pecatur Indonesia yang bisa meraih gelar Grand Master dari turnamen yang akan digelar sampai 2 Mei ini.

Harapan senada juga disampaikan Executive Vice President Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman. “Ini memang kali pertama Bank Mandiri support catur,” ucap Ali.

Sebanyak 24 peserta yang terbagi ke dalam 12 peserta GM turnamen dan 12 IM turnamen dari 8 negara (Indonesia, Malaysia, Mongolia, Singapura, Australia, Vietnam,dan Filipina) bertanding selama sepekan, mulai 23 April 2024 hingga 1 Mei 2024 di Artotel Gelora Senayan (Hotel Atlet Century Park), Jakarta.

Tuan rumah Indonesia menurunkan tim dengan jumlah pemain terbanyak, 7 pemain catur yang terdiri dari 6 pecatur putra dan seorang pecatur putri.

Di kategori IM turnamen, Indonesia juga menurunkan 7 pemain, dengan 6 pemain putra dan seorang pemain putri.

Baca juga: Pecatur dari 8 negara siap perebutkan gelar di Pertamina GM Tournament

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024