Melihat itu, Bandara Soekarno-Hatta menjadi lokasi tepat untuk mempromosikan pariwisata serta memperkenalkan seni budaya Sumatera Utara kepada wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.
Medan (ANTARA) - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Sumatera Utara menggelar pameran pariwisata dan parade budaya Sumut di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada 24-27 April 2024 untuk mempromosikan potensi wilayah Sumut.

Kepala Disbudparekraf Sumut Zumri Sulthony mengatakan di Medan, Selasa, pihaknya memilih Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai lokasi pameran dan parade budaya lantaran merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia dengan pergerakan penumpang 60-70 juta orang per tahun.

"Melihat itu, Bandara Soekarno-Hatta menjadi lokasi tepat untuk mempromosikan pariwisata serta memperkenalkan seni budaya Sumatera Utara kepada wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara," kata Zumri.

Baca juga: Sleman ikuti pameran promosi wisata di Malaysia

Pameran pariwisata dan pagelaran budaya tersebut diberi nama "North Sumatera Tourism and Culture, Exhibition and Travel Fair".  Acara tersebut dilaksanakan di Smmile Center Terminal III Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Dalam kegiatan itu, Disbudparekraf Sumut mempromosikan seni, budaya, dan pariwisata Sumut melalui pertunjukan tarian, pakaian, dan musik tradisional dengan acara puncak digelar pada 26 April 2024.

Demi menyukseskan "North Sumatera Tourism and Culture, Exhibition and Travel Fair", Disbudparekraf menjalin kerja sama dengan beberapa mitra dan pemangku kepentingan pariwisata Sumut untuk menyajikan tawaran perjalanan wisata ke provinsi beribu kota Medan tersebut.

"Kami bersama mitra kerja, stakeholder dan komunitas pariwisata berkomitmen mendukung promosi wisata paket tur dan aktivitas desa wisata, serta Bangga Berwisata di Indonesia maupun di Sumut Aja yang sejalan dengan program pemerintah," tutur Zumri.

Baca juga: Pameran perdagangan pariwisata ITB Berlin digelar di Jerman

Dia menegaskan, pameran pariwisata dan pagelaran budaya Sumut tersebut didukung oleh PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Zumri Sulthony pun berharap agenda pameran pariwisata dan pagelaran budaya itu dapat menjadi agenda tetap. "Saya berharap dapat menjadi agenda tetap, karena ini baik untuk mempromosikan seni budaya dan pariwisata," tutur dia.

Disbudparekraf Sumatera Utara menargetkan kedatangan 200 ribu wisatawan mancanegara (wisman) pada 2024.

Sepanjang 2023, dengan target jumlah yang sama, tercatat ada 197.015 turis asing datang ke Sumut.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024