Jamaah calon haji jangan sibuk belanja

Senin, 17 Oktober 2011 13:51 WIB | Dilihat 1 Kali
Sejumlah Jamaah calon haji Indonesia beristirahat di pemondokan di kawasan Jarwal, Mekkah, Arab Saudi, saat tiba dari Madinah, Rabu (12/10). Sampai dengan hari Rabu (12/10) jam 12.00 WAS, sebanyak 9695 jamaah calon haji Indonesia dari 25 kloter telah tiba di Mekkah usai melaksanakan ibadah Arbain di Madinah. (ANTARA/Prasetyo Utomo)
Cibinong (ANTARA News) - Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Bogor, Suhendra mengatakan, jamaah calon haji jangan terlalu menyimbukkan diri dengan belanja, karena hal itu berpotensi mengganggu kekhusuan dalam beribadah.

"Saat berada di Tanah Suci jamaah calon haji jangan menyibukkan diri dengan belanja. Tujuan utamanya adalah ibadah haji. Jangan sampai apa yang menjadi tujuan terganggu oleh kesibukan yang tidak berhubungan dengan ibadah," papar Suhendra.

Ia berharap agar para calon haji asal Bogor dapat melaksanakan semua rangkaian ibadah haji dengan baik dan sempurna.

Kesempurnaan pelaksanaan semua rangkaian ibadah haji itu, sambung Suhendra, sebagai modal utama untuk meraih haji yang mabrur alias haji yang diterima oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, aktivitas-aktivitas di luar ibadah seperti berlanja dan rekreasi perlu dikurangi agar tidak mengganggu kekhusuan dalam berhaji.

"Laksanakan ibadah haji dengan nikmat dan niat yang tulus. Insya Allah niat menjadi haji mabrur akan terkabul oleh Allah SWT," paparnya.

Suhendra menambahkan, "Pebanyaklah kesabaran saat menjalani ibadah, saat melakukan rukun haruslah berniat kepada Allah SWT. Kemudian saat memotong hewan kurban ikhlaskanlah hati. Dan kembalilah ke tanah air menjadi haji yang mabrur."
(53/M019)