Meulaboh, Aceh Barat (ANTARA News) - Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan hingga kini Pemerintah Arab Saudi tidak mengubah kebijakan kuota haji, sehingga permintaan penambahan kuota dari berbagai daerah tidak dapat dipenuhi.

Penegasan tersebut disampaikan Menteri Agama seusai memberi kuliah umum di Sekolah Tinggi Agama Islam Tgk Dirundeng Meulaboh, Aceh Besar, Selasa, terkait adanya permohonan penambahan kuota haji dari berbagai daerah.

Menag mengakui permintaan tambahan kuota terus mengalir dari berbagai daerah. Namun di sisi lain ia minta dipahami bahwa Pemerintah Arab Saudi saat ini terus memperbaiki fasilitas dan tempat ibadah pada setiap musim haji. Pembatasan kuota 20 persen yang diberlakukan sejak 2013 akan berlaku pada tiga atau empat tahun mendatang.

Ia menjelaskan, kawasan kompleks Masjidil Haram termasuk tempat thawaf hingga kini masih dalam proses pengerjaan. Pemerintah setempat memperkirakan pekerjaan mega proyek tersebut selesai pada 2016.

Dengan berbagai keterbatasan yang ada, Saudi Arabia terus menerus meningkatkan tempat ibadah haji. Untuk di Mina saja sudah diperluas. Padahal ada sebagian Jamaah haji dari Tanah Air meragukan kawasan Mina diperluas atau disebut sebagai Mina Jadid tidak sah.

Padahal dalam ibadah haji, ada kedaruratan yang harus dipahami. Ulama setempat bermalam di Mina Jadid sah, katanya. 

Pewarta: Edy Supriatna Sjafei
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014