Bengkulu (ANTARA News) - Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Suardi Abbas mengatakan seluruh jamaah haji sudah tiba di Bengkulu, Selasa.

"Hari ini kedatangan kelompok terbang delapan di debarkasi Padang, Sumatra Barat yang merupakan kloter terakhir dari jamaah haji Bengkulu," katanya di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan sebanyak 1.290 jemaah haji asal Bengkulu terbagi dalam kloter V, VI, VII dan VIII.

Jumlah tersebut berkurang dua orang, di mana seorang jamaah haji meninggal di Tanah Suci dan seorang lainnya meninggal dalam perjalanan dari Jeddah menuju Tanah Air.

"Dua orang meninggal dunia, sedangkan lainnya sudah tiba dengan selamat di Bengkulu, meski seorang masih menjalani perawatan di RSUD M Yunus karena hipertensi," katanya menjelaskan.

Sementara pantauan di Asrama Haji Bengkulu, sebanyak 183 orang jamaah haji kloter VIII tiba di Bengkulu dengan kondisi baik.

Kloter terakhir tersebut merupakan gabungan dari jamaah haji Bengkulu dan jemaah haji Padang, Sumatra Barat.

Jemaah haji asal Bengkulu terbagi dari beberapa kabupaten mulai Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma dan Kabupaten Kaur.

Selanjutnya kata Abbas akan digelar rapat evaluasi menyeluruh pelaksanaan ibadah haji melalui embarkasi antara, Bandara Fatmawati Bengkulu.

Pemprov Bengkulu pada 2013 untuk pertama kalinya memberangkatkan jamaah haji dari Bandara Fatmawati dan hanya transit di Bandara Internasional Minangkabau.

"Selanjutnya akan dievaluasi apakah embarkasi haji antara di Bengkulu sukses dan menurut kami cukup sukses," katanya.
(KR-RNI/H-KWR)

Pewarta: Helti M Sipayung
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013