Manado (ANTARA News) - Jamaah haji asal Sulawesi Utara, (Sulut) dijadwalkan tiba di tanah air pada 27 dan 28 Oktober 2013. 

"Mereka tiba di debarkasi Balikpapan pada tanggal tersebut dan melanjutkan perjalanan pulang ke Sulut pada 28 dan 29 Oktober," kata Kepala Bidang Urusan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Utara Azis Tegela, di Manado, Senin.

Ia mengatakan di Debarkasi Balikpapan, jamaah haji akan dijemput oleh Kakanwil Kemenag Sulawesi Utara Syaban Mauluddin bersama panitia.

Tegela mengatakan, kloter lima yang akan kembali ke tanah air tersebut berjumlah 355 orang dan hingga 21 Oktober kondisi mereka semua sehat walafiat.

"Sedangkan kloter enam berjumlah 208 orang akan menyusul keesokan harinya tiba di Balikapapan dan selanjutnya meneruskan penerbangan ke Bandar Udara Sam Ratulangi Manado," kata Tegela.

Ia mengatakan, nantinya di Bandara Sam Ratulangi, jamaah haji asal Sulut tersebut akan disambut oleh Gubernur Sinyo Harry Sarundajang, bersama jajarannya dan keluarga para jamaah.

Tegela mengatakan, seperti juga kloter lima kondisi jamaah pada kelompok terbang enam juga dalam keadaan baik-baik saja, dan belum ada yang mengalami halangan yang berarti.

Ia mengatakan, semoga yang kembali ke tanah air tersebut menjadi haji yang mabrur seperti yang diharapkan karena sesuai laporan semuanya dapat menjalankan ibadahnya dengan lengkap tidak ada yang kurang.

"Insya Allah mereka semua boleh kembali dengan selamat ke tanah air khususnya Sulawesi Utara dan menjadi haji yang mabrur," katanya.

Tegela mengatakan, jamaah haji asal Sulut diberangkatkan secara bertahap menuju ke tanah suci Mekkah melalui embarkasi Balikpapan pada 16 September 2013, berasal dari Manado, Minahasa, Bitung, Bolaang Mongondow Raya, Minahasa Utara dan Talaud.
(KR-JHB/R010)

Pewarta: Joyce Bukarakombang
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013