Makassar (ANTARA News) - Jamaah haji kelompok terbang pertama asal Kota Makassar, Sulsel tertunda tiba di Debarkasi Hasanuddin, Makassar.

"Jamaah haji asal Makassar sudah bertolak di Jeddah pada Minggu (20/10) pukul 07.00 waktu setempat dan dijadwalkan tiba di Makassar pada Senin (21/10) pukul 15.25 Wita, namun mundur dari jadwal," kata Kabid Pengelolaan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Wilayah Sulsel, H Iskandar Fellang di Makassar, Senin.

Dia mengatakan keterlambatan jamaah haji debarkasi Makassar diperkirakan akan tiba sekitar pukul 20:00 Wita, karena panjangnya antrean penerbangan di Bandara King Abdul Azis, Jeddah. Selain itu, juga transit di Padang, Sumbar untuk pengisian bahan bakar.

Menurut dia, seperti biasanya pemberangkatan dan hpemulangan jamaah Kloter pertama akan disambut oleh para pejabat Muspida di daerah ini dan direncanakan diterima Wagub Sulsel H Agus Arifin Nu`mang.

Mengenai barang bawaan jamaah haji, lanjut dia, sama halnya saat pemberangkatan pemeriksaannya diperketat untuk menghindari jamaah membawa barang-barang yang dilarang atau membahayakan.

"Kalau ole-ole lumrahlah dibawa, sepanjang bukan barang berbahaya dan tidak melebihi kapasitas yang ditentukan," katanya.

Sementara itu, aktivitas pengamanan dan persiapan pelayanan asrama Haji Sudiang, Makassar mulai tampak kembali.

Hal itu dibenarkan salah seorang bagian pengamanan di Asrama Haji Sudiang, Makassar Ahmad.

Dia mengatakan, pada H-1 Debarkasi Hasanuddin sudah diminta melakukan pengawasan dan pengamanan, hal tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
(S036/A034)

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013