Jeddah (ANTARA News) - Ribuan jemaah haji memadati Kota Jeddah, Arab Saudi, untuk sekedar bertamasya atau berbelanja sebelum pulang ke negara asal.

Kebanyakan jemaah memilih mengunjungi Balad karena harga barang-barang di daerah perbelanjaan itu cukup bersaing namun banyak pula yang terlihat berbelanja di mal-mal megah di kota itu.
 
Barang-barang yang banyak di cari jemaah antara lain kurma, parfum, sajadah, perangkat elektronik, dan jam tangan, demikian seperti dilansir laman Arab News.

Afzal Ali Khan dari Aligarh, India, yang menunaikan ibadah haji bersama anak perempuan dan istrinya berencana mengunjungi saudara dan berbelanja di Jeddah.

Istri dan anak perempuannya ingin membeli setelan baju Pakistan yang sedang populer di India.

Nishat Shakeel, seorang ibu rumah tangga di Jeddah, mengatakan saudaranya dari India datang ke Jeddah untuk belanja di Red Sea Mall, pergi ke pasar emas, piknik ke Corniche dan makan-makan di restoran.

Sementara Parvez Khan dari Lahore, Pakistan, yang sudah tiga kali berhaji kali ini berencana tidak belanja banyak.

"Saya banyak belanja di Jeddah setelah haji pertama. Tahun ini saya hanya membeli barang-barang seperti kurma, sajadah dan tasbih saja," katanya.

Jumlah orang yang menunaikan ibadah haji naik dari hanya sekitar 100.000 orang tahun 1948 menjadi 3,5 juta lebih pada beberapa tahun terakhir.

Tahun ini hanya hampir dua juta orang yang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci karena sedang ada proyek perluasan masjid di Makkah.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013