Padang (ANTARA News) - Jamaah haji kelompok terbang (kloter) I Debarkasi Padang dijadwalkan akan tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padangpariaman pada Minggu (20/10) pukul 22.20 WIB.

Selanjutnya jamaah akan dibawa ke Asrama Haji Tabing untuk kemudian dilepas secara simbolis kepada panitia daerah, kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Padang, Syamsuir di Padang, Minggu.

Ia mengatakan, karena pertimbangan keamanan dan keselamatan begitu tiba, jamaah tidak langsung dibubarkan dan semuanya akan terlebih dahulu dibawa ke asrama haji.

Setiba di asrama haji, jamaah yang ingin langsung pulang ke daerah masing-masing dipersilahkan dan bagi yang ingin menginap panitia akan memfasilitasi, taambahnya.

Selain itu, masing-masing jamaah akan memperoleh air zam zam sebanyak lima liter yang dibagikan di Asrama Haji.

Terkait kemungkinan kloter I akan datang terlambat dari jadwal, Syamsuir, belum dapat memastikan dan pihaknya akan berkoordinasi dengan Garuda Indonesia selaku penanggung jawab penerbangan.

Kloter I debarkasi Padang berjumlah 374 orang berasal dari Kabupaten Tanah Datar 201 orang, Kota Padang Panjang 138 dan Kota Padang 30 orang serta lima petugas haji.

Total calon jamaah haji yang berangkat melalui debarkasi Padang berjumlah 5.979 terdiri atas 16 kloter.

Dari 5.979 orang tersebut sebanyak 3.609 berasal dari Sumatera Barat, 1.293 dari Bengkulu dan Jambi 1.003 orang serta didampingi 80 petugas haji.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013