Calon haji yang meninggal di Makkah sudah di makamkan di Syaraya Kota Makkah."
Makkah (ANTARA News) - Seorang warga Provinsi Banten yang mengikuti ibadah haji, A. Rozali bin Abdul Latif, meninggal dunia saat pelaksanaan wukuf di Arafah, Arab Saudi.

Kepala Seksi Dokumen dan Perjalanan Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten, Huzaemi Abidin, di Makkah, Selasa, mengatakan bahwa calon haji kelompok terbang (Kloter) 21 warga Kampung Babakan, Tangerang, tersebut meninggal saat wukuf di Arafah, Senin (14/10).

"Meninggalnya di Arafah sekitar pukul 13.45 Waktu Saudi Arabia, dan penyebabnya diduga penyakit paru-paru," ujarnya.

Dengan demikian,ia mengemukakan, calon haji yang meninggal di Makkah hingg Selasa (15/10) bertambah menjadi empat orang.

"Calon haji yang meninggal di Makkah sudah di makamkan di Syaraya Kota Makkah," katanya.

Selain satu orang meninggal dunia di Arafah, beberapa orang calon haji juga harus menjalani perawatan di rumah sakit di Mina karena sakit saat pelaksanaan wukuf di Arafah, diantaranya Suaheti binti Mad Ukro yang dirawat di rumah sakit Minna lantaran diare.

Sebelumnya, tiga orang calon haji meninggal dunia, satu orang meninggal di Makkah, satu di Madinah dan satu orang meninggal di pesawat dalam perjalanan dari Indonesia menuju Madinah.

Tiga calon haji yang meninggal adalah Ansori Hadi (56) di pemondokan 501dari Kloter 34 Kabupaten Serang akibat penyakit jantung. Kemudian, Asmawati Binti Asmawi (51) dari Kloter 4 Kota Tangerang yang meninggal pada 19 September di Mesjid Nabawi Madinah.

Adapun calon haji yang meninggal di pesawat bernama adalah Icih Bachriyah (63)dari Kloter 19 JKG Kota Serang dari Kampung Sukamanah, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang. , Banten.

Hingga Selasa (15/10) siang sebagian besar para calon jemaah haji sudah selesai melaksanakan jumrotul aqobah di Minna, setelah sehari sebelumnya melaksanakan wukuf di Arafah sebagai rangkaian puncak pelaksanaan ibadah haji.

Pewarta: Oleh Mulyana
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013