Batam (ANTARA News) - Jumlah calon haji Embarkasi Batam yang meninggal bertambah dua menjadi lima orang, kata Ketua Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Batam Handarlin Umar di Batam, Senin.

Iriani binti Lado asa Tanjung Jabo Barat Provinsi Riau dan Rts Piah b bintu Rd Usman asal Kota Jambi Provinsi Jambi menambah deretan calon haji yang meninggal.

Berdasarkan laporan yang diterima PPIH Embarkasi Batam, Iriani binti Lado yang tergabung dalam kelompok terbang tiga meninggal 12 Oktober 2013 sekitar pukul 23.10 Waktu Arab Saudi dalam usia 53 ahun saat berada di Pemondokan Mekkah.

"Sebelum wafat yang bersangkutan menderita `septic shock`, dan dimakamkan di Syarayi," kata Handarlin.

Sedangkan Rts Piah binti Rd Usman yang tergabung dalam kloter empat meninggal 13 Oktober 2013 sekitar pukul 9.18 Waktu Arab Saudi.

Rts Piah meninggal dalam perjalanan menuju Arafah akibat "kardio vaskuler" yang dideritanya.

Sebelumnya, tiga calon haji Debarkasi Batam meninggal dalam rangkaian ibadah Haji di Tanah Suci yaitu Buang Ashari bin Adnani yang tergabung dalam kelompok terbang satu asal Kota Batam, Dewi Ayumi asal Kabupaten Siak, Riau yang tergabung dalam kelompok terbang 12 dan A Manan Sani asal Indragiri Hulu, Riau yang tergabung dalam kloter 12.

Handarlin mengatakan PPIH akan membantu mencairkan dana asuransi sebesar Biaya Perjalanan Ibadah Haji sesuai yang dikeluarkan untuk ahli waris.

"Dana asuransi yang diberikan sesuai dengan BPIH yang disetor, misalnya Rp32 juta, diberikan Rp32 juta," kata dia.

Dana itu akan dibayarkan setelah proses ibadah haji selesai, kata dia.
(Y011/N001)

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013