Mekah (ANTARA News) - Ketua DPR RI Marzuki Alie dalam kunjungannya ke maktab-maktab di Mekah mengingatkan jemaah calon haji dari Indonesia untuk mempersiapkan diri secara baik, terutama menjaga stamina dan kesehatan menjelang pelaksanaan wukuf di Arafah.

Marzuki dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Minggu malam, juga mengatakan jemaah hendaknya tidak perlu mengejar ibadah sunah terlalu bersemangat, tetapi kurang memperhatikan stamina sehingga berakibat tidak sanggup melaksanakan ibadah wajib.

"Kepada jemaah Indonesia, saya harapkan untuk konsisten mengikuti proses haji sebagaimana yang sudah diatur oleh Kementerian Agama. Haji itu adalah Arafah dan untuk itu diperlukan kondisi fisik yang prima. Jangan karena terlalu banyak mengejar sunah, nantinya tidak kuat mengikuti yang wajibnya," ujar Marzuki.

Ketua DPR RI juga mengingatkan jemaah untuk fokus beribadah (wukuf) di dalam tenda apalagi suhu udara diperkirakan mencapai 40 derajat Celsius.

"Hindari kontak langsung matahari ke kepala, khususnya kepada laki-laki yang sedang berihram, tidak boleh memakai tutup kepala yang melekat langsung di kepala. Namun, untuk menahan sinar matahri tersebut, diperkenankan untuk memakai payung dan itu tidak dilarang," katanya.

Marzuki mengingatkan kepada jemaah untuk cukup minum karena tanpa disadari dehidrasi juga dapat menyebabkan kematian.

Menurut dia, ada kejadian seorang pria yang relatif muda berangkat ke masjid dalam kondisi sehat dan bugar, kemudian dikabarkan pria itu meninggal dunia.

"Setelah diselidiki pria itu meninggal karena dehidrasi yang tidak dirasakannya. Jadi, cukupkan minum, banyak tersedia air di sekitar masjid," kata Marzuki yang juga Ketua Tim Pengawas Haji DPR RI 2013.
(S023/D007)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013