Makkah (ANTARA News) - Pemerintah Arab Saudi akan menutup kedatangan jemaah haji dari seluruh dunia pada Rabu malam pukul 24.00 WAS, sedang kelompok terbang terakhir dari Indonesia diterbangkan sore hari ini.

"Hari terakhir ketibaan jamaah haji dari seluruh dunia di Makkah pada Rabu tanggal 9 Oktober. Insya Allah pukul 24.00 kedatangan terakhir," kata Ketua Daerah Kerja Makkah Arsyad Hidayat di Makkah, Rabu.

Hingga Rabu pagi waktu setempat, kata Arsyad, sudah 151.500 jamaah tiba di Makkah, sedangkan yang belum tiba kurang lebih ada 15 kloter lagi atau sekitar 3.700 jamaah. "Mudah-mudahan perjalanan terakhir tak terkendala, jamaah masuk tepat waktu. Seumpama ada delay, jamaah bisa masuk seluruhnya," kata Arsyad.

Sementara itu, Kasi Kedatangan dan Kepulangan Daker Makkah Miftahul Maulana Mardiyono mengatakan, kloter terakhir yang diberangkatkan dari Tanah Air adalah Embarkasi Aceh (BTJ-8) sebanyak 440 jemaah yang akan diterbangkan pukul 17.40 WIB dari Bandara Aceh.

Ia berharap mereka akan tiba di Bandara Jeddah pada pukul 21.00 waktu setempat. Mereka akan langsung melanjutkan perjalanan ke Makkah setelah pengurusan paspor dan visa selesai sekitar empat hingga lima jam berikutnya "Mereka kan melaksanakan umrah dulu," katanya.

Adapun jemaah haji Indonesia yang wafat, hingga Rabu pagi sudah 54 orang. Arsyad berharap jumlah jamaah wafat tidak bertambah, karena biasanya jumlah jamaah wafat pada puncak wukuf di Arafah hingga mabit di Muzdalifah akan melonjak. "Ada peningkatan angka kematian selesai wukuf karena kondisi fisik yang melemah. Mudah-mudahan jamaah dikasih kekuatan fisik," kata Arsyad.
(F005)

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013