Solo (ANTARA News) - Dua jemaah calon haji asal Embarkasi Adi Soemarmo Surakarta, masih dirawat di Rumah Sakit Umum Dr. Moewardi Solo, Rabu, dan seorang di antaranya, tertunda keberangkatnya ke Tanah Suci.

Dua jemaah yang dirawat di RS tersebut, yakni Affandi (56) asal Banyumas yang tergabung kelompok terbang 31 dan Sumi (52) dari Pati kloter 38.

Menurut Khairunnas, selaku dokter Poliklinik asrama haji Donohudan, Affandi dirujuk di RSU Moewardi Solo, pada Jumat (20/9), karena menderita sakit gula darah tinggi, sedangkan Sumi, Senin (24/9) karena sakit kurang darah (anemia).

Menurut Khairunnas, keberangkatan Affandi tertunda karena rombongan jemaahnya kloter 31 telah diberangkatkan pada Sabtu (21/9), sedangkan Sumi jika sudah direkomendasikan oleh dokter yang merawat bisa berangkat dengan rombongannya, kloter 38 yang dijadwalkan sore ini pukul 17.35 WIB.

Sebelumnya seorang calon haji asal Banyumas yang tergabung kloter 30, Palwadi Muhamad Zein (69), telah meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSU Dr. Moewardi Solo, Sabtu (21/9). Jenazahnya langsung dibawa ke daerah untuk dimakamkan.

Menurut Badrussalam, bahwa PPIH Embarkasi Surakarta telah memberangkatkan jemaah dua kloter melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Rabu ini.

Rombongan jemaah kloter 37 asal Jepara yang masuk gelombang II telah diberangkatkan melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, pada pukul 13.03 WIB. Jumlah anggota kloter 37 ini, sebanyak 375 jemaah.

Rombongan jemaah kloter 38 asal Jepara dan Pati, rencana akan diberangkatkan ke Tanah Suci, sekitar pukul 17.35 WIB.

Menurut dia, jumlah jemaah yang sudah diberangkatkan melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, hingga kloter 37, sebanyak 13.810 jemaah dari total 26.554 orang.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013