...ibu Mahyam belum menyatakan mundur dan berbagai dana Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) masih ada...
Mataram (ANTARA News) - Satu orang jamaah calon haji asal Kota Mataram dinyatakan gagal berangkat pada musim haji tahun 2013 karena mengalami sakit stroke.

"Calon haji itu bernama Mahyam Binti Muhammad Sin dari Kecamatan Ampenan," kata Pengganti Sementara (PGS) Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, H Sirojudin di Mataram, Jumat.

Sirojuddin yang ditemui usai kegiatan pelepasan 320 calon haji Kota Mataram bersama lima orang petugas di halaman kantor Wali Kota Mataram mengatakan, calon haji yang gagal berangkat dalam kelompok terbang (kloter) utuh Kota Mataram sebanyak 320 hari ini, digantikan dengan calon haji sesuai dengan porsi nomor urut.

"Sehingga tidak mengurangi jumlah jamaah yang akan diterbangkan pada kloter empat yang merupakan kloter utuh di Kota Mataram," katanya.

Menurutnya, sesuai dengan standar yang ada, ibu Mahyam calon haji yang gagal berangkat tahun ini karena stroke, jika sehat akan diberangkatkan pada musim haji tahun 2014 mendatang.

"Karena hingga kini, ibu Mahyam belum menyatakan mundur dan berbagai dana Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) masih ada, atau belum ditarik kembali oleh pihak keluarga," katanya.

Menyinggung tentang daftar tunggu calon haji Kota Mataram, Sirojudin, belum dapat menyebutkan angka pasti.

"Yang jelas, daftar tunggu di Kota Mataram cukup panjang, karena yang mendaftar tahun ini, baru bisa berangkat sekitar delapan atau 10 tahun mendatang," katanya.

Pewarta: Siti Zulaeha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013