Calon haji tunggu waktu wukuf agar perbanyak ibadah

Kamis, 18 Oktober 2012 20:16 WIB | Dilihat 4886 Kali
Ilustrasi. Sisa Kloter Haji Jamaah Calon Haji mendengarkan arahan dari pantia haji saat pelepasan keberangkatan di Asrama Haji, Banda Aceh, Selasa (16/10). Sebanyak 62 calon haji asal Aceh itu merupakan sisa kloter nantinya bergabung dengan sisa kloter JCH asal Medan dan JCH Palembang yang diberangkatkan satu pesawat melalui bandara Polonia-Medan menuju Mekkah. (FOTO ANTARA/Ampelsa)
Palembang (ANTARA News) - Calon jamaah haji asal Indonesia yang berada di Mekkah selama menunggu datangnya waktu wukuf agar memperbanyak ibadah di Masjidil Haram.

Calon jamaah haji melakukan ibadah shalat dan sebagainya di Masjidil Haram, kata Ketua Rombongan KBIH Muhammadiyah HM Idris ketika dihubungi ANTARA dari Palembang, Kamis.

Menurut dia, tempat tinggal calon jamaah haji asal Indonesia letaknya rata-rata satu kilometer lebih dari Masjidil Haram, karena itu mereka tidak pulang setiap saat ke maktaf.

Ia mencontohkan, untuk shalat zhuhur calon jamaah haji itu tidak langsung pulang, tetapi sampai dengan waktu ashar. Bahkan, lanjutnya, ada yang sampai shalat Isyak baru pulang ke tempat mereka tinggal.

Ia menyatakan, untuk makan calon jamaah haji itu memanfaatkan rumah makan di sekitar Masjidil Haram.

Selain itu, ada juga yang membawa beberapa biji kurma dan minum air zamzam untuk mengisi perut mereka, tuturnya.

Pada tahun 2012 ini calon jamaah haji Sumsel yang akan diberangkatkan sebanyak 6.260 orang terdaftar, sedangkan petugas haji 90 orang.

Sementara calon haji asal Bangka Belitung yang diberangkatkan melalui embarkasi Palembang sebanyak 921 orang ditambah 15 orang petugas haji.

Pada tahun 1433 Hijriah ini embarkasi haji Palembang memberangkatkan sebanyak 21 kelompok terbang calon jamaah haji asal Sumsel dan Bangka Belitung dengan dua gelombang.

(KR-SUS/M033)