Tujuh calon haji Embarkasi Surakarta dirujuk ke RS

Rabu, 03 Oktober 2012 19:35 WIB | Dilihat 3711 Kali
Mengantar Calon Haji. Dua Jemaah calon haji menyapa pengantarnya dari dibalik pagar di terminal khusus Haji Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (21/9). Mengantar jamaah calon haji merupakan kebiasaan yang telah menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat di Tanah Air. (FOTO ANTARA/Zabur Karuru)
Boyolali (ANTARA News) - Sebanyak tujuh calon haji dari Embarkasi Surakarta harus dirujuk ke rumah sakit setempat untuk menjalani perawatan intensif.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta H Imam Haromain Ashari melalui Kepala Sub Bagian Pusat Pengumpulan dan Pengolahan Data Badrussalam di Donohudan Boyolali, Rabu, mengatakan, tujuh calon yang sakit itu dirujuk ke RS Dr. Moewardi Solo, dan RS AURI Karanganyar.

Menurut Badrussalam, jemaah tersebut yakni Jupriyakin (70), Urip Sunoko (49), Saman (55), ketiganya kloter 45 asal Demak, Romnah (49) kloter 44, Suradi (71), Murdasih (54) keduanya kloter 45 (Demak).

Satu jemaah lainnya Zaenal Arifin (37) yang tergabung kloter 44 juga asal Demak dirawat di RS AURI, karena sakit cacar air.

Menurut dia, jemaah yang sakit cacar air tersebut dapat diberangkatkan ke Tanah Suci, jika sudah sembuh total. Karena, sakit cacar air dikhawatirkan menular ke jemaah lainnya satu kloter.

Para Calhaj asal Demak yang dirujuk, kata dia, kebanyakan menderita penyakit gula, sedangkan satu orang hipertensi kemungkinan karena kelelahan.

Ia menjelaskan, seperti biasa para calhaj setibanya di asrama haji Donohudan, mereka melakukan dicek kesehatan terakhir oleh tim medis Poliklinik setempat.

Namun, tujuh dari 1.125 jemaah tiga kloter tersebut harus dirujuk ke rumah sakit karena diperlukan perawatan lebih intensif.

Sehingga, jumlah jemaah calhaj yang dirawat di rumah sakit hingga hari ke-13 keberangkatan saat ini menjadi delapan jemaah. Karena, sebelumnya satu jemaah asal Banyumas Sukasno yang tergabung kloter 16 sudah dirawat di RS Moewardi Solo, sejak tanggal 24 September 2012.

Wakil Sekretaris III PPIH Embarkasi Surakarta H. Muhammad Syafiq, mengatakan, jemaah yang sakit di asrama haji tersebut masalah biaya perawatan di rumah sakit akan ditanggung oleh pemerintah.

Ia menjelaskan, PPIH Embarkasi Surakarta, Rabu ini, memberangkatkan tiga kloter yakni 40, 41, dan 42. Kloter 40 asal Kota Semarang dan Yoyakarta, berangkat ke Tanah Suci, pada pukul 07.19 WIB, kemudian disusul kloter 41 asal Kota Semarang, pukul 13.04 WIB.

Rombongan calhaj kloter 42 asal Kota Semarang dijadwalkan diterbangkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, sekitar pukul 23.15 WIB.

Rombongan jemaah calhaj tiga kloter yakni kloter 43, 44, dan 45 asal Demak, sudah tiba di asrama haji Donohudan, Rabu ini. Jemaah tiga kloter itu, rencananya diterbangkan ke Tanah Suci, Kamis (4/10).

"Jumlah jemaah calhaj yang sudah diberangkatkan ke Tanah Suci, hingga kloter 41 pada hari ke-13 ini, mencapai 15.323 jemaah dari total 32.821 orang," katanya.

(B018/M008)