Jemaah calon haji diharapkan jangan terlena belanja

Senin, 01 Oktober 2012 19:30 WIB | Dilihat 3599 Kali
Ilustrasi. Pemberangkatan Calon Haji Jamaah Calon Haji berada dalam bus ketika pemberangkat Jamaah Calon Haji di Alu-Alun Pamekasan, Jatim, Kamis (27/9). Jumlah Jamaah Calon Haji asal Pamekasan mencapai yang tergabung dalam kloter 20, 21 dan 22 mencapai 1.327 orang, lebih banyak dari tahun 2011 yang berjumlah 814 orang. (FOTO ANTARA/Saiful Bahri)
Sleman (ANTARA news) - Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sunartono mengharapkan pada calon haji asal daerah ini untuk lebih mengutamakan ibadah-ibadah yang nilainya wajib dan tidak terlena dengan keasyikan belanja.

"Jemaah calon haji jangan memaksakan diri untuk mencari keafdholan ibadah jika kondisi fisik tidak memungkinkan. Selain itu hendaknya para calon jamaah haji mengutamakan ibadah wajib terlebih dahulu dan tidak terlena dengan keasyikan belanja," kata Sunartono saat melepas calon haji Sleman kloter 37 SOC di Sleman, Senin.

Ia mengatakan, mengingat kondisi alam, iklim maupun cuaca di Tanah Suci berbeda dengan di Tanah Air, para jamaah haji harus menjaga kondisi fisik masing-masing walaupun sudah ada tenaga medis yang mendampingi.

"Terlebih pada saat ini, cuaca di tanah suci sedang mengalami musim peralihan. Berdasarkan informasi, cuaca di Tanah Suci dalam keadaan panas, yaitu berkisar 38 hingga 44 derajat Celsius. Seluruh jamaah harus menjaga kondisi fisik, stamina dan kesehatannya," katanya.

Ia mengharapkan, calon haji juga tidak segan-segan dan malu untuk bertanya kepada petugas jika mengalami kesulitan atau kebingungan.

"Kepada petugas haji, diharapkan agar selalu tanggap dan proaktif dalam melayani jamaah haji. Apalagi jika ada jamaah haji yang mengalami kesulitan, segara berikan pertolongan," katanya.

Sunartono mengatakan, calon haji, ketika berdoa di tanah suci terutama di tempat-tempat mustajabah, agar mendoakan keberhasilan pembangunan rakyat Sleman agar terwujud masyarakat Sleman yang sejahtera lahir dan batin.

"Kami berdoa agar para jamaah haji mampu melaksanakan seluruh rangkaian ibadah dan rukun haji dengan baik dan lancar dan nantinya kembali ke Tanah air dalam keadaan sehat dan dapat menjadi haji yang mabrur," katanya.

Sebelumnya, pada hari Sabtu, 29 September 2012 pukul 09.00-10.00 WIB juga telah dilepas calon jamaah haji Kabupaten Sleman kloter 32 SOC (367 orang) oleh Bupati Sleman Sri Purnomo, dengan pemandu talbiyah dan informasi Drs KH Adul Masjid M.Si.

Pada Minggu, 30 September 2012 telah dilepas calon jamaah haji Kabupaten Sleman kloter 34 SOC (363 orang) oleh Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu dengan pemandu talbiyah dan informasi KH Sukidi Cokrosuwignyo.

Kemudian Minggu 30 September 2012 pukul 09.00-10.00 WIB juga telah dilepas calon jamaah haji kloter 35 SOC (59 orang) oleh Ketua DPRD Sleman Koeswanto dengan pemandu talbiyah dan informasi KH Chaerudin.

(V001/N001)