750 calon haji Sulsel diberangkatkan ke Jeddah

Selasa, 25 September 2012 22:53 WIB | Dilihat 3371 Kali
Ilustrasi. Jamaah calon haji Kloter 13 asal Klaten dan Banjarnegara, Jawa Tengah, antre masuk ruang transit sebelum bertolak ke Arab Saudi, di Embarkasi Haji Donohudan, Boyolali, Jateng, Senin (24/9). Permintaan tambahan kuota haji Indonesia tahun ini ditolak pemerintah Arab Saudi. (ANTARA/Andika Betha)
Makassar (ANTARA News) - Sebanyak 750 calon haji dari Sulawesi Selatan diberangkatkan ke Jeddah, Arab Saudi melalui Embarkasi Haji Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Maros.

"Sampai Selasa ini jumlah kloter yang berangkat sudah ada tujuh dan khusus kloter 06 dan 07 ini menggunakan pesawat Garuda Indonesia Airlines (GIA) dengan nomor penerbangan 1103 dan 1701," ujar Humas Kantor Wilayah kementerian Agama Sulsel Muhammad Tonang di Makassar, Selasa

Ia menyatakan, 750 calon haji (calhaj) yang berangkat ini berasal dari Provinsi Sulsel sudah termasuk tim medis dan panitia haji lainnya.

Setiap kloter diisi oleh lima panitia yang terdiri Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPHI) satu orang, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) satu orang jamaah serta tiga orang dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Dalam kloter 06 jumlah masyarakat Sulsel di luar dari panitia pendamping sebanyak 370 orang yang berasal dari Kota Parepare sebanyak 122 orang, Kabupaten Sinjai 234 orang dan Kota Makassar 14 orang.

Sedangkan untuk kloter 07 berasal dari Kabupaten Pinrang sebanyak 358 orang serta calon haji dari Makassar sebanyak 12 orang.

Hingga saat ini jumlah calhaj yang telah diberangkatkan dari Embarkasi Hasanuddin Makassar yakni sebanyak 2.625 orang.

Selain calon haji yang diberangkatkan, calon jamaah haji dari sejumlah daerah di Sulsel hari ini juga telah memasuki pemondokan haji di asrama haji Sudiang, Makassar.

JCH yang masuk asrama hari ini tercatat dari daerah Provinsi Papua Barat sebanyak 370 jamaah yang semuanya masuk dalam kloter 08.

Untuk jamaah kloter 09 berasal dari Provinsi Papua Barat sebanyak 340 orang jamaah dan rombongan calhaj asal Kota Makassar sebanyak 30 orang jamaah.

(KR-MH/S016)