Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Danamon Indonesia Tbk melalui Unit Usaha Syariah meluncurkan program pembiayaan otomotif dan layanan haji bagi anggota Koperasi Karyawan Badan Usaha Milik Negara (Kopkar BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan perusahaan-perusahaan swasta di seluruh Indonesia.

Direktur Syariah Danamon, Herry Hykmanto, dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa melalui skema bagi hasil, inisiatif program pembiayaan Danamon Syariah ini akan meningkatkan pertumbuhan bisnis 160 kopkar.

Selain itu, ia mengemukakan, program tersebut memberikan berbagai kemudahan bagi puluhan ribu anggota Kopkar yang tersebar di berbagai kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Makassar, Martapura, Aceh dan Padang.

Menurut dia, peluncuran program otomotif dan layanan haji diselenggarakan dalam acara Customer Gathering dengan para pengurus koperasi karyawan sebagai bentuk apresiasi dan komitmen Danamon Syariah untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabah Koperasi Karyawan dengan motto "Danamon Syariah Mitra Koperasi Membangun Sinergi Memberi Solusi".

"Saat ini program pembiayaan otomotif dan layanan haji kami peruntukkan bagi anggota Kopkar yang telah menjadi nasabah Danamon Syariah. Pada 2012 kami merencanakan program-program ini dapat dinikmati oleh masyarakat secara luas," kata Herry Hykmanto.

Selain kedua program tersebut, Danamon Syariah juga sedang giat membesarkan pembiayaan alat-alat berat (ABF) dan layanan Cash Management yang dapat membantu para nasabah dalam mengelola likuiditas sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.

Kepala Unit Usaha Syariah Danamon, D. Prayudha Moelyo, mengatakan bahwa untuk tahun pertama ini program pembiayaan otomotif kepada anggota Kopkar diharapkan bisa mencapai Rp50 miliar, dan untuk program layanan haji sebanyak 1.000 dari anggota Kopkari.

Program layanan haji dari Danamon Syariah memberikan berbagai manfaat bagi anggota Kopkar, antara lain kemudahan proses pendaftaran, pelunasan sampai dengan kembali ke tanah air melalui program layanan haji, sedangkan melalui program otomotif menempatkan para anggota karyawan akan mendapatkan harga yang istimewa dari harga yang ditawarkan oleh rata-rata dealer.

Selain itu, ia menyatakan, proses seleksi lebih sederhana karena tidak melalui proses survei yang dilakukan lembaga pembiayaan, namun bisa langsung menghubungi Koperasi yang bersangkutan di perusahaan di mana mereka menjadi anggota karyawan.

Danamon Syariah juga memiliki 3.000 loket Payment Point Online Banking (PPOB) yang tersebar di seluruh Indonesia, dimana loket-loket tersebut berfungsi untuk menerima setoran pembayaran listrik, penjualan pulsa, jasa telekomunikasi, pembayaran zakat serta penghimpunan dana Qordhul Hasan (dana sosial).
(T.H-CS/S004)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011