Jakarta (ANTARA News) - Jika Anda memiliki waktu lebih di Tanah Suci, maka luangkanlah untuk berbelanja.  Namun, demi menjaga isi kantong Anda tidak keluar sembarangan, di samping juga untuk kenyamanan dan keamanan Anda, perhatikan beberapa kebiasaan berbelanja di Arab Saudi berikut ini.

 1. Sebagian besar toko di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi tidak menerima kartu kredit, jadi siapkan uang tunai di dompet Anda.
 2. Kartu kredit hanya digunakan di hotel bintang lima dan beberapa toko perhiasan.   Jadi, kartu kredit tetap bisa Anda bawa.
 3. Jangan lupa minta struk pembelian.
 4. Jangan ragu untuk menawar barang yang ingin Anda beli.
 5. Cermati harga barang, karena di Arab Saudi jarang sekali barang-barang dilengkapi stiker harga.
 6. Tanggal kedaluarsa barang selalu ditulis dalam Bahasa Arab, jadi yakinkan diri Anda untuk mengetahui bahasa ini, setidaknya meminta bantuan kerabat yang bisa berbahasa Arab.
 7. Uang koin recehan hampir tidak pernah digunakan, jadi bersiaplah menerima kembalian berupa permen dan sebangsanya.
 8. Barang palsu luas diperdagangkan di sini, seperti jam tangan dan perhiasan. Jika Anda pecinta produk asli, Anda mesti ekstra hati-hati dalam memilih barang.
 9. Jika Anda terbiasa berbelanja di mal atau supermarket, jangan terlalu berharap Anda bisa mudah mendapatkannya di Mekah dan Medinah.
10. Awas copet! Hindari berkerumun terlalu banyak. Simpan atau lindungi uang dan barang berharga Anda serapat mungkin.
11. Jangan khawatir tidak bisa berbahasa Inggris, karena para pedagang di Tanah Suci umumnya berbahasa Arab, Urdu, Hindi, dan Melayu.
12. Jika Anda butuh makanan ringan, minuman dan sejenisnya, ada beberapa pasar swalayan di dekat mesjidil Haram dan Nabawi yang menyediakan ini. (*)

tipshajj.com/adam/jafar

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010